PENGEMBANGAN ALUR PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Mara Samin Lubis

Abstract


Abstrak: Hasil studi awal menemukan permasalahan dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah, kemampuan
pemecahan matematis siswa MI sangat rendah khususnya di kelas awal. Adapun penyebabnya sarana
dan media belajar masih kurang, dalam proses pembelajaran guru masih banyak menggunakan pola
lama yaitu; guru sangat aktif sementara siswa disuruh mendengarkan. Siswa kurang diberi kesempatan
untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bernalar, sehingga pembelajaran yang terjadi belum
mampu menumbuhkembangkan minat siswa. Penelitian ini mengkombinasikan design research alur Plomp
(2013) dengan design research Gravemeijer & Cobb (2006). Tahapan design research dalam penelitian
ini yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pengembangan prototype dan fase penilaian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan alur pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berfikir dan bernalar.
Pendekatan PMR salahsatu pendekatan yang mengarahkan siswa mampu untuk berfikir dan bernalar.
Penelitian ini juga melihat apakah Alur pembelajaran yang dikembangkan ini valid, praktis dan efektif
untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Alur pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Valid, Praktis, Efektif.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Albrecht, K. (1992). Daya Pikir. Semarang: Dahar Prize.

Abbeduto, L. (2004) Taking Sides: Clashing Views on Controversial Issues in Educational Psychology,

Third Edition, McGraw-Hill/Dushkin.

Apriani, D. (2011). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme pada Materi

Ruang Dimensi Tiga di Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Tesis. Palembang: Program

Pascasarjana Universitas Sriwijaya.

Ardana, I, M. (2008) Peningkatan kualitas belajar siswa melalui pengembangan pembelajaran matematika

berorientasi gaya kognitif dan berwawasan konstruktivis. Jurnal Penelitian Pengembangan

Pendidikan, 12-32.

Bogdan, B. (1982).Qualitative Research For Education An Intruduction To Theory and Methods, Allyn

and Bacon Syracuse University.

Bruner, J. (1977), The Process of Education, London: Harvard University Press

De Lange, J. (1987). Mathematics, Insight And Meaning. Utrecht: OW &OC Freudenthal, H. (1973).

Mathematics As An Educational Task. The Netherlands, Dordrecht: Reidel.

Fuson, K. C., et. al. (1997). Children’s conceptual structures for multidigit numbers and methods of multidigit

addition and subtraction.Journal for Research in Mathematics Education, 28, 130-162.

Gravemeijer, K.(1994). Developing Realistic Mathematics Education, : onwikkelen van relistich reken/

wiskundeonderwijs (met een samenvatting in het nederlands). Nederland : Universiteit Utrechte

Lubis, Mara Samin, (2016), Pengembangan Perangkat pembelajaran topik Bilangan dengan pendekatan

matematika realistik di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Kepandidikan dan Keislaman, Vol.

XXIII No. 1 Januari-Juni 2016.

Marpaung, Y; (1999),Struktur Kognitif Dalam Pembentukan Konsep Algoritma Matematis, Dimuat dalam

kumpulan Makalah FMIPA IKIP Sanata Dharma Yogyakarta, Editor Y. Marpaung, Paul Suparno

. NCTM (2000).Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia.

Noraini, I. (2001).Pedagogi dalam pendidikan matematik. Utusan Publication & Distributors Sdn Bhd.

Kuala Lumpur.

Ruseffendi,E.T. 2001. Evaluasi pembudayaan berfikir logis serta bersikap kritis dan kreatif melalui pembelajaran

matematikarealistik.Makalah disampaikan pada lokakarya tentang sistem evaluasi pembelajaran

realistik. Yoyakarta: Tidak Diterbitkan.

Jamaluddin, Abdullah, Achyar Zein, Salminawati, Model Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Alquran ( Q.S. An-Nûr Ayat 31 Dan 59 ) Jurnal Edu Riligia Vol. 2 No. 4 Tahun 2018

Russefendi. E.T (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam

Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung. Tarsito.

Plomp, T. & Nieveen, N (ed). (2013) Educational Design Research Part A: An introduction Netherlands

Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands. Enschede, November

http://international.slo.nl/publications/edr/

Plomp, T. & Nieveen, N (ed). (2013) Educational Design Research Part A: An introduction Netherlands

Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands. Enschede, November

http://international.slo.nl/publications/edr/

Subandar, J. (2001).Aspek Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Kumpulan Makalah pada

Seminar Nasional Sehari: Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Pada Sekolah Dan

Madrasyah. Medan.

Treffers, A. (1991). Didactical background of a mathematics program for Primary Education. In L.

Streefland (Ed.),Realistic Mathematics Education in Primary Schools. Utrecht: Freudenthal

Institute, Utrecht University.

Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2000).Mathematics education in the Nederlands: A guided tour. frudenthal

Institute Cd-rom for ICME9. Ultrect: Ultrect University.

Von Glasersfeld, E. (1989) Cognition, construction of knowledge, and teaching, Synthese, 80 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara