PENGEMBANGAN ALUR PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
pemecahan matematis siswa MI sangat rendah khususnya di kelas awal. Adapun penyebabnya sarana
dan media belajar masih kurang, dalam proses pembelajaran guru masih banyak menggunakan pola
lama yaitu; guru sangat aktif sementara siswa disuruh mendengarkan. Siswa kurang diberi kesempatan
untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan bernalar, sehingga pembelajaran yang terjadi belum
mampu menumbuhkembangkan minat siswa. Penelitian ini mengkombinasikan design research alur Plomp
(2013) dengan design research Gravemeijer & Cobb (2006). Tahapan design research dalam penelitian
ini yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pengembangan prototype dan fase penilaian. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan alur pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk berfikir dan bernalar.
Pendekatan PMR salahsatu pendekatan yang mengarahkan siswa mampu untuk berfikir dan bernalar.
Penelitian ini juga melihat apakah Alur pembelajaran yang dikembangkan ini valid, praktis dan efektif
untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Alur pembelajaran, Pendidikan Matematika Realistik, Valid, Praktis, Efektif.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Albrecht, K. (1992). Daya Pikir. Semarang: Dahar Prize.
Abbeduto, L. (2004) Taking Sides: Clashing Views on Controversial Issues in Educational Psychology,
Third Edition, McGraw-Hill/Dushkin.
Apriani, D. (2011). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme pada Materi
Ruang Dimensi Tiga di Kelas X Sekolah Menengah Atas (SMA). Tesis. Palembang: Program
Pascasarjana Universitas Sriwijaya.
Ardana, I, M. (2008) Peningkatan kualitas belajar siswa melalui pengembangan pembelajaran matematika
berorientasi gaya kognitif dan berwawasan konstruktivis. Jurnal Penelitian Pengembangan
Pendidikan, 12-32.
Bogdan, B. (1982).Qualitative Research For Education An Intruduction To Theory and Methods, Allyn
and Bacon Syracuse University.
Bruner, J. (1977), The Process of Education, London: Harvard University Press
De Lange, J. (1987). Mathematics, Insight And Meaning. Utrecht: OW &OC Freudenthal, H. (1973).
Mathematics As An Educational Task. The Netherlands, Dordrecht: Reidel.
Fuson, K. C., et. al. (1997). Children’s conceptual structures for multidigit numbers and methods of multidigit
addition and subtraction.Journal for Research in Mathematics Education, 28, 130-162.
Gravemeijer, K.(1994). Developing Realistic Mathematics Education, : onwikkelen van relistich reken/
wiskundeonderwijs (met een samenvatting in het nederlands). Nederland : Universiteit Utrechte
Lubis, Mara Samin, (2016), Pengembangan Perangkat pembelajaran topik Bilangan dengan pendekatan
matematika realistik di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Kepandidikan dan Keislaman, Vol.
XXIII No. 1 Januari-Juni 2016.
Marpaung, Y; (1999),Struktur Kognitif Dalam Pembentukan Konsep Algoritma Matematis, Dimuat dalam
kumpulan Makalah FMIPA IKIP Sanata Dharma Yogyakarta, Editor Y. Marpaung, Paul Suparno
. NCTM (2000).Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia.
Noraini, I. (2001).Pedagogi dalam pendidikan matematik. Utusan Publication & Distributors Sdn Bhd.
Kuala Lumpur.
Ruseffendi,E.T. 2001. Evaluasi pembudayaan berfikir logis serta bersikap kritis dan kreatif melalui pembelajaran
matematikarealistik.Makalah disampaikan pada lokakarya tentang sistem evaluasi pembelajaran
realistik. Yoyakarta: Tidak Diterbitkan.
Jamaluddin, Abdullah, Achyar Zein, Salminawati, Model Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Alquran ( Q.S. An-Nûr Ayat 31 Dan 59 ) Jurnal Edu Riligia Vol. 2 No. 4 Tahun 2018
Russefendi. E.T (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam
Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung. Tarsito.
Plomp, T. & Nieveen, N (ed). (2013) Educational Design Research Part A: An introduction Netherlands
Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands. Enschede, November
http://international.slo.nl/publications/edr/
Plomp, T. & Nieveen, N (ed). (2013) Educational Design Research Part A: An introduction Netherlands
Institute for Curriculum Development (SLO), Enschede, the Netherlands. Enschede, November
http://international.slo.nl/publications/edr/
Subandar, J. (2001).Aspek Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Kumpulan Makalah pada
Seminar Nasional Sehari: Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Pada Sekolah Dan
Madrasyah. Medan.
Treffers, A. (1991). Didactical background of a mathematics program for Primary Education. In L.
Streefland (Ed.),Realistic Mathematics Education in Primary Schools. Utrecht: Freudenthal
Institute, Utrecht University.
Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2000).Mathematics education in the Nederlands: A guided tour. frudenthal
Institute Cd-rom for ICME9. Ultrect: Ultrect University.
Von Glasersfeld, E. (1989) Cognition, construction of knowledge, and teaching, Synthese, 80 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica