PENGARUH PEMAHAMAN MODEL ACTIVE LEARNING, SIKAP PROFESI GURU, DAN KEMAMPUAN MERANCANG PEMBELAJARAN, TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) KOTA MEDAN
Abstract
active learning terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan.
2) Signifikansi pengaruh kemampuan guru merancang pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran
di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan. 3) Signifikansi pengaruh sikap profesi guruterhadap
efektivitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) se Kota Medan. 4) Signifikansi pengaruh
pemahaman model active learning, kemampuan merancang pembelajaran dan sikap profesi guru secara
bersama-sama terhadap efektivitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kota Medan.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Ahmadi, Abu,Psikologi Sosial. (Jakarta; Rineka Cipta, 2007)
Amri, Sofian, Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikuum 2013, (Jakarta: Prestasi
Pustakaraya, 2013).
Azwar, Saifuddin,Sikap Manusia. Teory dan Pengukurannya (Yokyakarta: Liberty, 2002)
Abidin, Yunus, Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. (Bandung: PT. Rafika
Aditama, 2014).
Bruner, Jerome. S.The Process of Education, (Cambridge: Harvard University Press. 1969).
Bonwell, C.C.,Center for Teaching and Learning,Active Learning: Creating excitement in the classroom,
(St. Louis College of Pharmacy.1995).
Chaniago, Amran YS,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Cet. V; (Bandung : Pustaka Setia 2002).
Davies, Ivor K.Instrucsional Technique. (New York: Mc. Graw-Hill Book Company, 1981)
Dimyati dan Mudjiono,Belajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Rineka Cipta. 2006)
Depdikbud,Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, (Depdikbud, 1994)
Dimyanti, Mudjiono,Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999). Depdikbud.Kamus
Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1990).
Daulay, Haidar Putra,Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia,
(Perdana Publishing, Medan, 2016).
Fajar, Malik,Visi Pembaharuan Pendidikan Islam, (Jakarta: LP3NI, 1998)
Fathurrohman, P dan Sobry, S. Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Refika Aditama. 2007)
Fahdini, Reni, dkk.,Identifikasi Kompetensi Guru Sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di
Kabupaten Sumedang, Mimbar Sekolah Dasar, Volume 1 Nomor 1 April 2014.
Gagne, R.M., Briggs L. J.Principle of Instructional Design. (Hoit, Rinehart and Winston. 1993).
Hamalik, Oemar,Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Joyce, B. Weil, M.; Calhoun, E.Models of Teaching, (Eight Edition), Pearson (Education, Inc. publishing as
Allyn&Bacon, One Lake Street, Upper Saddle River, New Yersey, USA, 07548, 2009)
Koswara, Deni, dan Halimah.,Seluk Beluk Profesi Guru. (Bandung: PT:Pribumi Mekar, 2008)
Komarudin, Managemen Berdasarkan Sasaran. (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)
Kumara, Amitya,Model Pembelajaran Active Learning Mata pelajaran Tingkat SD Kota Yogyakarta Sebagai
Upaya Peningkatan Life Skill, Jurnal Psikologi, 2004, no.2.
Munir,Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (Bandung: Alfabeta , 2008).
Muhtadi, Ali,Pemanfaatan Metode Active Learning sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Aktif
Peserta didik Dalam Proses Pembelajaran, http, staff, uny.ac.id/sites/default/files/
Mulyana, Abdurrahman,Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).
Marx, M.H. & Goodson, F.E.Theories in Contemporary Psychology (New York: Macmillan. 1976).
Meyer, R.E. Review of Educational Research. (New York: Macmillan, 2004).
Mahmud, Ali Abdul Halim,At – tarbiyah Al – Khuluqiyah ( Akhlak Mulia ), Terjemahan: Abdul Hayyie
Al – Kattani, dkk, (Jakarta: Gema Insani, 2004)
Pusat Bahasa Depdiknas,Kamus Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka. 2003).
Prawiradilaga, Dewi Salma,Prinsip Desain Pembelajaran (Jakarta: UNJ. 2008)
Prawirosantono, Suyadi,Kebijakan Kinerja Karyawan, (Yogyakarta: BPFE, 1999).
Purwanto, Ngalim,Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000)
Rusman,Model-model Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011).
Ramayulis,Metodologi Pendidikan Agama Islam, Cet. IV, (Jakarta: Kalam Mulia, 2005)
Rusman,Model-model Pembelajaran. (Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2011).
Saud, Udin Syaefudin,Pengembangan Profesi Guru, (Alfabeta, Bandung, 2013)
Sanaky, Hujair AH.Sertifikasi dan Profesionalisme Guru di Era Reformasi Pendidikan, Jurnal JPI FIAI
Jurusan Tarbiyah Volume XII Tahun VIII Juni, 2005
Sumantri, Mohammad Syarif, Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar.
(Jakarta: Rajawali Pers, 2015).
Siprihatiningrum, Jamil,Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru, (Jogjakarta:
Ar-Ruzz, 2016)
Sinambela, N.J.M.P., Keefektivan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction)
Dalam Pembelajaran Matematika untuk Pokok Bahasan Sistem Linier dan Kuadrat di Kelas
X SMA Negeri 2 Rantau Panjang, Selatan sumatera Utara. Tesis. (Surabaya: Program Pascasarjana
Universitas Negeri Surabaya, 2006)
Supriatna,Strategi Pembangunan dan Kemiskinan, (Jakarta: Rineka Cipta. 2000)
Sarwono, Sarlito Wirawan,Psikologi Lingkungan, Jakarta: Kerja sama PPs Studi Psikologi UI dengan (PT.
Gramedia Widia Sarana, 1992)
Slavin, Robert E.,Cooperative Learning (cara efektif dan menyenangkan pacu prestasi seluruh peserta
didik), (Bandung: Nusa Media, 2005).
Suprijono, Agus,Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. (Surabaya: Pustaka Pelajar. 2009)
Shihab, M. QuraishWawasan Al-Qur’an, Tafsir Maudlu’I Atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan,
Sudijono, Anas,Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996).
Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Jakarta, Rajawali Pers, 2005).
Jamaluddin, Abdullah, Achyar Zein, Salminawati, Model Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Dalam Perspektif Alquran ( Q.S. An-Nûr Ayat 31 Dan 59 ) Jurnal Edu Riligia Vol. 2 No. 4 Tahun 2018
Trianto,Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep Landasan dan Implementsinya pada
KTSP, (Jakarta: Kencana Media Group, 2010).
al-Tabany, Trianto Ibnu Badar,Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual,
Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/
KTI) (Penerbit Prenada Media Group, Jakarta, 2014).
Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, CV. Eko Jaya
Jakarta, 2006.
Utami, Runtut Prih,Active Learning Untuk Mewujudkan Pembelajaran Efektif. Al-Bidayah Jurnal Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol I No 2 Desember 2009.
Uhdiyati, Nur,Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. (Bandung, Pustaka, Setia, 1997)
Wahyudi, Imam,Pengembangan Pendidikan Strategi Inovatif dan Kreatif dalam Mengelola Pendidikan
Secara Komprehensif, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya 2012).
Werther, William B. and Keith Davis, Human Resources Management, (New York: Mc Graw hill Inc,
.
Warsono, M.S. dkk,Pembelajaran Aktif, Teori dan Asesment, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016).
Walgito.Psikologi sosial(suatu pengantar), (Yogyakarta: Yayasan penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 2008)
Willis, Dahar, Ratna.Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Erlangga, 2010).
Winkel, W.S.Psikologi Pengajaran, (Jakarta: Grasindo, 2004).
Wahib, Mustaqim dan Abd.Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991).
Wibowo, Sutisno “Debat Priesionalisme Guru Era Otonmi Daerah, Kerja sama UNY-KR (4-Habis) : Profesionalisme
dan Kesejahteraan Guru”.Kedaulatan Rakyat, Tahun LIX Nomor 224 Edisi 21 Mei 2004.
Zaini, Hisyam, Dkk,Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insane Madani, 2008)
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica