IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI MAN 1 MEDAN

Nurzannah, Haidar Putra Daulay, Djakfar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk dapat beberapa poin, 1) Mengetahui proses perencanaan program
implementasi Kurikulum 2013 dilakukan di MAN 1 Medan dan kendala yang dihadapi? 2) Mengetahui
proses pembelajaran yang dilakukan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 di MAN 1 Medan,
dan kendala yang dihadapi? 3) Mengetahui sistem evaluasi hasil belajar yang dikembangkan oleh
MAN 1 Medan dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, dan kendala yang dihadapi?. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe fenomenologi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan
sebagai berikut, 1) Implementasi Kurikulum 2013 di MAN 1 Medan terkait perencanaan telah terlaksana
100%, dan sesuai dengan standar proses pembelajaran. Adapun kendalanya adalah perencanaan
yang dibuat oleh guru tidak dijadikan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga
pembelajaran yang dilakukan kurang sesuai dengan yang direncanakan, 2) Implementasi Kurikulum
2013 di MAN 1 terkait proses pembelajaran belum terlaksana secara ideal, karena hanya 20% guru
yang melakukan proses pembelajaran dengan pembelajaran berkelompok, itupun belum juga sesuai
dengan konsep kurikulum 2013, karena sistematika dan langkah-langkah pembelajarannya tidak dengan
mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengomunikasikan-mengkreasikan,
atau dapat juga disebutkan 20% guru melaksanakan pembelajaran dengan quasi saintifik. 3) Implementasi
kurikulum 2013 di MAN 1 Medan terkait evaluasi pembelajaran, belum terlaksana secara ideal. Rangkaian
evaluasi pembelajaran yang dilakukan masih pada ranah kognitif saja.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abidin, Yunus,Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Cetakan ke 3 (Bandung:

Refika Aditama, 2016)

Arifin, M. Pendidikan Islam dalam Arus Dinamika Masyarakat: Suatu Pendekatan Filosofis, Pedagogis,

Psikososial dan Kultural (Jakarta: Golden Terayon Press, 1994)

Azra, Azyumardi,Esai-Esai Intelektual Muslim (Jakarta: Logos Waca Ilmu, 1998)

——————————,Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokratisasi (Jakarta:

Kompas, 2002)

Hanif, Muh. “Tinjauan Filosofi Kurikulum 2013”, dalamInsania, Vol. 19, No. 1, Januari - Juni 2014.

Fahruddin, Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Siswa, Jurnal Edu Riligia Vol. 1 No. 4 Tahun 2017

Insani, Primastuty Ilmia Hidayatulet.al., “The Implementation Of Indonesian National Qualification

Framework Curriculum In Higher Education Institution,” dalam RJOAS, 8 (68), August

, h. 125, (online), diakses18 Oktober 2017.

Ismail,“Politik Pendidikan Madrasah di Indonesia Pasca Kemerdekaan: 1945–2003”, dalam Ta’dib,

Vol. XV, No. 02, Edisi, Nopember, 2010

Jalaluddin, dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya,

Edisi ke 3, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1994).

Khairiyah, Saidatul, “Pemikiran Pendidikan Islam Era Dinasti Abbasiyah,” dalam Asrul Daulay dan

Ja’far (ed.), Falsafah Pendidikan Islam: Menguak Nilai-Nilai Pendidikan dalam Tradisi

Islam (Medan: Perdana Publishing, 2016)

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani.Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 (tk: Kata Pena, 2014)

Kosasih, E,Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013, Cetakan ke 2 (Bandung:

Yrama Widaya, 2015)

Muhaimin,Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi (Jakarta:

PT. Rajagrafindo Persada, 2014)

Mulyasa, E.Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Cetakan ketiga (Bandung: Remaja Rosda Karya,

—————.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting Dan Genting

(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)

An-Nahlawi, Abd. Rahman,Prinsip-prinsip Pendidikan Islam (Bandung: Diponegoro, 1992)

Sagala, Syaiful,Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan; Pembukaan Ruang Kreativitas,

Inovasi, dan Pemberdayaan Potensi Sekolah dalam Sistem Otonomi Sekolah (Bandung:

Alfabeta, 2007)

Shofan, Moh.Pendidikan Berparadigma Profetik; Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Pendidikan

Islam (Yogyakarta: Ircisod , 2004)

Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita (Jakarta : PT Kompas Media Nusantara, 2008)

Sunarti dan Selly Rahmawati,Penilaian dalam Kurikulum 2013,Membantu Guru dan Calon Guru Mengetahui

Langkah-Langkah Penilaian Pembelajaran (Yogyakarta: Andi Offset. 2014)

Tilaar, HAR.Paradigma Baru Pendidikan Nasional (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Bab VI bagian kedua dan Pasal 17 ayat (2).

Webster’s New International Dictionary, Second Edition (Spring Field: Mass Immabriged Company, 1953)

Zaini, Muhamad,Pengembangan Kurikulum: Konsep, Implementasi Evaluasi dan Inovasi (Yogyakarta:

Teras, 2009)

Zais, Robert S.Curriculum Principles and Foundations (New York: Harper & Row Publisher, 1976)

(Yogyakarta: Andi Offset. 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara