PELAKSANAAN PENDIDIKAN TINGGI KADER ULAMA MAJELIS ULAMA INDONESIA SUMATERA UTARA (PTKU ) (ANALISIS EVALUASI PROGRAM PTKU MAJELIS ULAMA INDONESIA SUMATERA UTARA BERDASARKAN MODEL EVALUASI CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUT (CIPP)

Najamuddin, Syafaruddin, Amiruddin Siahaan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan manajemen kemahasiswaan di Pendidikan
Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara Majelis Ulama Indonesia Provinsi
Sumatera Utara. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: 1) Evaluasi konteks
Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 2) Evaluasi input
Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 3) Evaluasi proses
Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? 4) Evaluasi Produk
Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera Utara? Metode yang digunakan
adalah metode kuantitatif eksploratif deskriftif. Hasil penelitian ini adalah 1) Pada evaluasi konteks
ditemukan bahwa program atau proyek Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia
Sumatera Utara hadir dilatarbelakangi oleh faktor internal dan eksternal Majelis Ulama Indoensia
Sumatera Utara. 2) Pada Evaluasi Input ditemukan bahwa ada lima komponen yang sangat
mendukung untuk program Pendidikan Tinggi Kader Ulama Majelis Ulama Indonesia Sumatera
Utara, yaitu mahasiswa, kurikulum, tenaga kependidikan, keuangan serta fasilitas yang memadai.
3) Pada evaluasi proses ditemukan bahwa manajemen kemahasiswaan berjalan dengan baik,
mulai dari rekruitmen mahasiswa, pencatatan mahasiswa di dalam Buku Induk Mahasiswa,
pengelolaan mahasiswa di dalam dan di luar kelas, serta bimbingan dan arahan bagi mahasiswa
yang telah menyelesaikan pendidikan. 4) Pada evaluasi produk ditemukan bahwa pengelola,
penerima jasa program serta penerima produk menilai bahwa PTKU MUI Sumut sukses dalam
melaksanakan programnya.
Key Word: Kader, Ulama, Evaluasi, Context, Input, Process dan Product

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anoraga, Pandji,Manajemen Berbasis Sekolah(Jakarta: Rineka Cipta).

al-Aspahânî, Râgib, Mufradât Alfâz al-Qur’ân (Damaskus: Dar al-Qalam, 2002)

Bukhârî, al-Jâmi’ acbaî (Berût: Dâr al-Fikr,1991), Juz I

al-Bûmî, Muhammad Sa’îd Rama

ân, awâbim al-Maalahah fî as-Syarî’ah al-Islâmiyyah (Damaskus: Mua’ssasah ar-Risâlah, 1973).

al-Bâqî, Muhamad Fû’ad Abd,Mu’jam al-Mufahras li Alfâz al-Qur’ân al-Karîm (Bandung: Diponegoro)

Departemen Agama,Alquran dan Terjemahnya (Bandung: Toha Putra, 1991)

Dikmenum, Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah: Suatu Konsepsi Otonomi Sekolah (Jakarta:

Depdikbud, 1999).

Gulayaynî, Musmafâ,Jâmi’ ad-Durûs al-‘Arabiyah (Berût: al- Maktabah al-‘Acriyyah, 1987 ), Jilid I

al-Ghaýâlî, Muhammad bin Muhammad Abû Hâmid, al-Mustacfâ fî ‘Ilmi al-Ucûl (Berût: Dâr al-

Kutub al-Ilmiyyah, 1413 H), Juz I.

Khallâf, ‘Abdul Wahhâb,‘Ilmu Ucûl al-Fiqh(Damaskus: Dâr al-Qalam, 1947).

al-Khamîb, Muhammad ‘Ajjâj,Ucûl al-$adîa (Berût: Dâr al-Fikr, 2011).

Mulyasa, E.Manajemen Berbasis Sekolah(Bandung: Remaja Rasindo, cet. 11, 2002).

Nawawi, Hadari, Administrasi Pendidikan (Jakarta:Jahi Masagung, 1993).

Munawwir, A.W.Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (Surabaya: Pustaka Progressif, 1997)

Al-Quranâwî, Yûsuf,al-Ijtihâd fî as-Syarî’ah al-Islâmiyyah ma’a Naýarâtin Tahlîliyyahtin fî al-Ijtihâd

al-Mu’aair (Kuawait: Dâr al-Qalam, 1989).

Qorib, Ahmad,Ushul Fiqh 2 (Jakarta: Nimas Multima, 1997).

as-Syaukânî, Muhammad bin ‘Alî bin Muhammad,Irsyâd al-Fuhûl ilâ Tahqîq al-Haqmin ‘Ilmi al-Ucûl

(Mesir: Dâr al-Kitâb Al-‘Arabî, 1999), Juz II.

Susilo Martayo,Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta:BPPFE, 1980).

at-labarî, Muhammad bin Jarîr bin Yazîd bin Kacîr bin Ghâlib al-¹milî Abû Ja’far, Jâmi’ al-Bayân fî

Ta’wîl al-Qur’ân (Mesir: Muassasah ar-Risâlah, 2000 M), Juz I

Thoha, Miftah,Kemimpinan dalam Manajemen (Jakarta: Raja Grafindo Parsada, 1995)

Widjajakusuma, M. Karebet dan M. Ismail Yusanto,Pengantar Manajemen Syariat (Jakarta: Khairul

Bayan, 2002).

Zahrah, Muhammad Abû,Ucûl al-Fiqh(Berut: Dâr al-Fikrlam, 1958).

az-Zuhaylî, Wahbah bin Musmafâ,at-Tafsîr al-Munîr fî al-‘Aqîdah wa as-Syarî’ah wa al-Manhâj (Damaskus:

Dar al-Fikr al-Muasir, 1418 H), Juz XX.

Hasan, Arafit, Fachruddin Azmi, Syaukani, Manajemen Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Namira Medan, Jurnal Edu Riligia Vol. 1 No. 4 Tahun 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i2.7059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara