KONTRIBUSI USAID PRIORITAS DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH SD/MI DI KABUPATEN LANGKAT

Husni Mubarok, Siti Zubaidah, Mardianto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi USAID PRIORITAS dalam menumbuhkembangkan
budaya literasi di sekolah SD/MI Kabupaten Langkat. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan berupaya mencari, menganalisis dan membuat interpretasi data yang ditemui melalui
studi dokumen, wawancara dan pengamatan. Temuan penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama,Secara
umum ada dua program utama yang ditetapkan USAID PRIORITAS terhadap upaya peningkatan kemampuan
membaca siswa, yang sekaligus menjadi titik awal upaya penumbuhkembangan budaya literasi di beberapa
sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah di Kabupaten Langkat yang menjadi mitra binaan USAID.
Kedua, beberapa upaya USAID PRIORITAS dalam menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah
SD/MI di Kabupaten Langkat, yakni meliputi: 1), Menyelenggarakan pelatihan pengajaran membaca
pemahaman khususnya bagi guru-guru yang mengajar di kelas rendah. 2), Mensosialisasikan gerakan
literasi nasional. 3). Memberikan bimbingan tentang penerapan program wajib baca di sekolah. 4). Memberikan
bimbingan tentang teknik membaca yang baik kepada para siswa. Dan, 5). Membantu pengadaan koleksi
buku-buku atau bahan bacaan yang diperlukan di perpustakaan sekolah/madrasah.Ketiga, kontribusi
USAID PRIORITAS dalam upaya menumbuhkembangkan budaya literasi di sekolah dan madrasah
yang menjadi mitra binaannya cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan telah diterapkannya kegiatan
wajib membaca di sekolah-sekolah dan madrasah dimaksud.
Kata Kunci: Kontribusi; USAID PRIORITAS; Budaya Literasi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alwasilah, A. Chaedar, “Membangun Kota Berbudaya Literat”. Media Indonesia. Jakarta, Sabtu 6

Januari 2001.

Asmani, Amal Ma’mur, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (Yogyakarta: Diva Press, 2012)

Baynham, Mike, Literacy Practices: Investigating Literacy in Social Contexts (London: Longman, 1995)

Beers, C.S. A Principal’s Guide Literacy Instruction (New York: Guilford Press, 2009)

Daryanto, Belajar dan Mengajar (Bandung: Yrama Widya, 2010)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat (Jakarta:

Gramedia, 2008)

Departemen Pendidikan Nasional RI., Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI, 2003)

Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta:Gramedia, 2008)

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya (Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir

Al-Quran, t.t.)

Hornby, AS, Oxford Advanced Learner’s Dictionary (New York: Oxford University Press, 2010)

Harim, Farida, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Johnson, Doyle Paul, terj. Robert M.Z. Lawang,Teori Sosiologi Klasik dan Modern, (Jakarta: Gramedia, t.t.)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar (Jakarta:

Dirjend Dikdasmen Kemendikbud, 2016)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Jakarta: Dirjend Dikdasmen

Kemndikbud, 2016)

Mushtafa, Sekolah Dalam Himpitan Google dan Bimbe (Yogyakarta: Lkis, 2013)

Nashir, Haedar, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya (Yogyakarta: Multi Presindo, 2013)

NS, Sutarno, Perpustakaan dan Masyarakat (Jakarta: Sagung Seto, 2006)

Rakhmat, Jalaluddin, Belajar Cerdas, Belajar Berbasiskan Otak (Jakarta: Kaifa, 2010)

Rusyan, A. Tabrani, Budaya Belajar (Jakarta: Panca Anugerah Sakti, 2007)

AS-Shalih, Subhi, terj. Tim Pustaka Firdaus, Membahas Ilmu-Ilmu Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Firdaus,

Sidi, Indra Djati,Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan (Jakarta: Paramadina,

Yunus, Mahmud, Tafsir Qur’an Karim (Singapore: Tawakal Trading, t.t.)

http://thetanjungpuratimes.com/2016/10/18/usaid-prioritas-banyak-siswa-lancar-membaca-namun-kurangmemahami-

bacaan/dikutip: 20 Maret 2017.

Kajian Kerjasama Bilateral Indonesia-Amerika Serikat http://www.kemenkeu.go.id/sites/default/files/Laporan-

Akhir-Kajian-Kerja-Sama-Bilateral-RI UE_1.pdf diakses tanggal 14/01/16

http://dbep.aurino.com/?page-id=184

www.suaramerdeka.com

http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/03/Desain-IndukGerakanLiterasi-Sekolah1.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v7i1.7053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara