NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AJARAN TARIKAT NAQSYABANDIYAH DI PERSULUKAN BABUSSALAM LANGKAT

Suherman Suherman

Abstract


Artikel ini merupakan hasil studi lapangan terhadap nilai-nilai pendidikan akhlak dalam ajaran Tarikat Naqsyabandiyah di persulukan Babussalam Langkat. Dengan metode dan pendekatan kualitatif, penulis artikel ini menemukan bahwa idalam ajaran Tarikat Naqsyabandiyah dan ajaran Syekh ‘Abdul Wahab Rokan terdapat nilai akhlak seperti jujur, tawadu’, dermawan, penolong, kesopanan, qana’ah, kesederhanaan, kelembutan dan tawadu’. Lebih lanjut, melalui analisisnya, penulis artikel ini mengargumenkan bahwa Penanaman nilai-nilai akhlak dilakukan telah berhasil mengantarkan perubahan pada diri setiap sālik menjadi individu-individu yang semakin meningkat keilmanan dan ketakwaannya kepada Allah swt, tawadhu, jujur, berbaik sangka, penolong, dermawan dan murah hati, wara’, pemaaf, saling menghargai, hormat dan peduli.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v4i2.474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara