Gamification in Islamic Religious Education Effectiveness and Challenges in Increasing Students' Learning Motivation
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kitikedizah Hambali & Maimun Aqsha Lubis, “Kepentingan Gamifikasi dalam Pengajaran dan Pemudahcaraan (PDPC) Pendidikan Islam,” ASEAN Comp. Educ. Res. J. Islam Civiliz., vol. 5, no. 1, 2022.
S. F. Mahmud and A. H. Tamuri, “Pendekatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Tinta Artik. Membina Ummah, vol. 9, no. 1, 2023.
S. Rahmania, I. Soraya, and A. S. Hamdani, “PEMANFAATAN GAMIFICATION QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 2, 2023, doi: 10.30603/tjmpi.v11i2.3714.
H. Jusuf, “Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran,” J. TICOM, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf
F. Hakeu, I. I. Pakaya, and M. Tangkudung, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar,” Awwaliyah J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, no. 2, pp. 154–166, 2023, doi: 10.58518/awwaliyah.v6i2.1930.
M. A. Shaliha and M. R. Fakhzikril, “Pengembangan Konsep Belajar dengan Gamifikasi,” Inov. Kurikulum, vol. 19, no. 1, pp. 79–86, 2022, doi: 10.17509/jik.v19i1.43608.
Z. Daud, A. M. Ahmad, N. Alias, and N. Ibrahim, “Persepsi Pelajar terhadap Penggunaan Gamifikasi Tahfiz Global dalam Pengajaran dan Pembelajaran Subjek Muraja’ah al-Quran,” J. Quran Sunnah Educ. Spec. Needs, vol. 6, no. 2, 2022, doi: 10.33102/jqss.vol6no2.163.
Z. Kedah, “Inovasi Penerapan Teknik Gamifikasi Terhadap Pembelajaran Kampus Merdeka,” J. MENTARI Manajemen, Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, 2023, doi: 10.34306/mentari.v1i2.259.
D. Ariani, “Gamifikasi untuk Pembelajaran,” J. Pembelajaran Inov., vol. 3, no. 2, pp. 144–149, 2020, doi: 10.21009/jpi.032.09.
D. N. Sari and A. R. Alfiyan, “Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review,” Upgrad. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 43–52, 2023, doi: 10.30812/upgrade.v1i1.3157.
A. Malik, P. P. Fisika, and F. Tarbiyah, “Review of the Effect of Gamification Technology on Student Psychology Review Pengaruh Teknologi Gamification Terhadap Psikologis Pendahuluan Metode Penelitian Hasil dan Pembahasan,” JICTE (Journal Inf. Comput. Technol. Educ., vol. 4, no. 1, pp. 1–5, 2020.
A. U. Isnawati and S. Hadi, “Penerapan Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Ma’arif Cekok,” Pros. Adapt., pp. 205–216, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/adaptivia/article/download/370/93
G. Koten, Munzil, and C. Utama, “Improving critical thinking skills of elementary school students : project based learning vs gamification-based group investigation,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 6, no. 2, 2023.
F. R. Sutarta, A. Widiatsih, and I. H. Zusfindhana, “Efektivitas Teknologi Game Sebagai Media Pembelajaran dan Edukasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan,” SPEED J. J. Spec. Educ., vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.31537/speed.v7i1.1190.
S. Fairuz Mahmud and A. Halim Tamuri, “Pendekatan Gamifikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam,” Tinta Artik. Membina Ummah, vol. 9, no. 1, 2023.
M. Dwi Tamara, “Efektivias Model pembelajaran Gamification Berbantuan QR Code Terhadap Motivasi Belajar,” Paedagoria J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikanhttp, vol. 15, no. 1, pp. 73–79, 2024, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Z. Zhan, L. He, Y. Tong, X. Liang, S. Guo, and X. Lan, “The effectiveness of gamification in programming education: Evidence from a meta-analysis,” Comput. Educ. Artif. Intell., vol. 3, p. 100096, 2022, doi: https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100096.
R. A. Sodikin and R. Hikmawan, “Analysis of Gamification in Cybersecurity Education for Students: A Systematic Literature Review,” J. Educ. J. Educ. Stud., vol. 8, no. 2, 2023, doi: 10.30983/educative.v8i2.7513.
F. Alzahrani and W. Alhalafawy, “Benefits And Challenges Of Using Gamification Across Distance Learning Platforms At Higher Education: A Systematic Review Of Research Studies Published During The COVID-19 Pandemic,” vol. 6, pp. 1948–1977, Nov. 2022.
S. Praptomo, H. Hendra Rianingsih, and U. Widya Dharma, “Peran Gamifikasi Dalam Meningkatkan Pengalaman PendidikanDi Era Digital,” J. Ilm. Sain dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 212–220, 2022.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i2.22113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Desy Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.