The Value of Fitrah And Its Relationship With Islamic Education
Abstract
The purpose of this study is to explore further the meaning of fitrah and its relationship with Islamic education. As in many references, the concept of fitrah is an innate natural thing inherent in human beings brought from birth. Fitrah means the potential possessed by humans. The potential will have a positive impact on human development if developed through the process of Islamic education. This study uses a qualitative method of library research. The results of this study indicate that humans are born with different potentials. There is potential for good and there is also potential for bad. This potential will later develop into its power which, if managed properly, will be able to produce civilization through a good educational process. The goal of Islamic education should be to educate to face Islam, meaning that Islamic education is directed so that students are more inclined to the teachings of Islam. At the same time, fitrah also means that Islamic education serves to know the nature of God and at the same time know himself. By using a literature approach, through the review of authoritative books and journals, this paper will try to take a comprehensive look at the discourse of the term fitrah in terms of language, the meaning of the Qur'an and Hadith, fitrah in the view of philosophy and psychology.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali lebih jauh makna fitrah dan hubungannya dengan pendidikan Islam. Seperti dalam banyak referensi, konsep fitrah merupakan suatu hal kodrati yang melekat pada diri manusia yang dibawa sejak lahir. Fitrah artinya potensi yang dimiliki manusia. Potensi tersebut akan memberikan dampak positif bagi pembangunan manusia jika dikembangkan melalui proses pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manusia dilahirkan dengan potensi yang berbeda-beda. Ada potensi baik dan ada juga potensi buruk. Potensi tersebut nantinya akan berkembang menjadi kekuatannya yang apabila dikelola dengan baik akan mampu melahirkan peradaban melalui proses pendidikan yang baik. Tujuan pendidikan Islam hendaknya mendidik untuk menghadapi Islam, artinya pendidikan Islam diarahkan agar peserta didik lebih condong pada ajaran Islam. Pada saat yang sama, fitrah juga berarti pendidikan Islam berfungsi untuk mengetahui hakikat Tuhan sekaligus mengenal diri sendiri. Dengan menggunakan pendekatan kepustakaan, melalui telaah buku dan jurnal otoritatif, tulisan ini akan mencoba melihat secara komprehensif wacana istilah fitrah dari segi bahasa, makna Al-Qur'an dan Hadits, fitrah dalam pandangan dari filsafat dan psikologi.
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M. (1997). Risalah Tauhid, Terj. Firdaus A. N. Bulan Bintang.
Ahmad, C. (2009). Pembelajaran Berbasis Fitrah. Jakarta: Balai Pustaka. Balai Pustaka.
Amiruddin. (2014). Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum (3rd ed.). Ghalia Indonesia.
An-Nahlawi, A. (1996). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Gema Insani Press.
Asril, A. (2018). FITRAH MANUSIA DAN PENDIDIKAN ISLAM (Perspektif Filsafat Pendidikan Islam). At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 215. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.835
Chatib, M. (2012). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Mizan.
Dedi Sahputra, N. (2020). Elemen-Elemen Psikologi dalam Alquran Studi Tentang Nafs,‘Aql, Qalb, Ruh, Dan Fitrah. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 4(1), 57-71.
Hasib, K. (2019). Manusia dan Kebahagiaan: Pandangan Filsafat Yunani dan Respon Syed Muhammad Naquib al-Attas. Tasfiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v3i1.2980
Hawi, A. (2014). Seluk Beluk Ilmu Jiwa Agama. PT Raja Grafindo Persada.
Khasinah, S. (2013). HAKIKAT MANUSIA MENURUT PANDANGAN ISLAM DAN BARAT. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2). https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.480
Langgulung, H. (2003). Azas-azas Pendidikan Islam. Pustaka al- Husna Baru.
Mohd Nor Wan Daud, W. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib Al Attas. Mizan.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya.
Muhaimin, Mujib. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofik dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Trigenda Karya.
Muhammad al-Taoumi al-Syaibani, O. (1979). Falsafah Pendidikan Islam, Terjemahan Hasan Langgulung (1st ed.). Bulan Bintang.
Muhammad Naquib al-Attas, S. (1995). Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam,. ISTAC.
Mujib, M. (2000). Fitrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. Darul Falah.
Munib. (n.d.). Munib, A. (2017). Konsep fitrah dan implikasinya dalam pendidikan. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 5(2), 223-241.
Muzayyin, A. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Buki Aksara.
Nashih Ulwan, A. (1979). Tarbiyat al-Aulad fi Al-Islam. Dar as-Salam.
Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Gaya Media Pratama.
Raharjo, D. (1999). Pandangan Al-Qur’an Tentang Manusia dalam Pendidikan dan Perspektif Al-Qur’an. LPPI.
Ramayulis. (2006). Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2006),.
Ramayulis, & Nizar, S. (2005). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam; Mengenal Tokoh Pendidikan di Dunia Islam dan Indonesia. Quantum Teaching,.
Ramayulis, & Nizar, S. (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Tela’ah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Kalam Mulia.
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 37–60. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.41
Rif’at Syauqi, N. (2000). Konsep Manusia Menurut al-Qur’an dalam Metodologi Psikologi Islami, Ed. Rendra. Yogyaka. Pustaka Pelajar.
Shihab, Q. (1994). Studi Kritis Tafsir Al-Manar. Pustaka Hidayah.
Suriadi, S. (2018). Aplikasi Konsep Fitrah Dalam QS. Al-Rum Ayat 30 Terhadap Tujuan Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7 (1).
Syed, M. N. A. A. (1992). Konsep Pendidikan Dalam Islam (3rd ed.). Mizan.
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Islami. Remaja Rosdakarya.
Windu Gumati, R. (2020). MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DAN OBJEK PENDIDIKAN (ANALISIS SEMANTIK MANUSIA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM). Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 1 No. 2 Oktober 2020.
Wiratama, A. (2011). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DAN TANTANGANNYA MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. At-Ta’dib, 5(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v5i1.582
Zed, M. (2014). Metode Peneletian Kepustakaan. Pustaka Obor Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i1.20819
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mhd. Harmidi Harahap, Tengku Sarina Aini Binti Tengku Kasim, Ahmad Bin Yussuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.