The Role of Islam on Dysphemia And Its Relation to Language Logic
Abstract
Times are changing, technology is developing, humans are becoming more advanced. Many changes are caused by advances in time, technology and humans. The most visible changes are people's attitudes and behavior which have changed a lot, one of the changes in society is negative speech and language because there are many factors that influence it. Factors that can influence people's behavior and attitudes, especially speech and language, include the influence of social media, the relationship between a person and their friends, lack of mastery of the language, and lack of previous religious education. Among the many things that influence speech and language, a person's experiences have a major impact on a person's personality and character. Especially in social life. Educational background and also the environmental background where you live play an important role in influencing the way you behave, think and also speak. External factors here are able to influence a person more than internal factors. However, we can control this, one of the ways is by being equipped with religious knowledge that contains this matter. No matter how serious a bad habit is, it will not affect or change a person's behavior if the person tries hard not to do these things. The use of the word dysphemia depends on a person's ability to think and use logic in language. The word dysphemia emphasizes poor use of language in language. This research aims to understand language from an Islamic perspective that contains elements of dysphemia.
Zaman semakin berubah, teknologi semakin berkembang, manusia semakin maju. Banyak perubahan yang diakibatkan oleh kemajuan zaman, teknologi dan manusia. Perubahan yang paling terlihat adalah sikap dan perilaku masyarakat yang banyak berubah, salah satu perubahan masyarakat adalah tutur kata dan bahasa yang negatif karena banyak faktor yang memengaruhinya. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dan sikap masyarakat khususnya tutur kata dan bahasa antara lain, pengaruh media sosial, hubungan antara seseorang dengan teman-temannya, kurang menguasai bahasa, dan kurangnya pendidikan agama sebelumnya. Di antara banyak hal yang memengaruhi ucapan dan bahasa, pengalaman seseorang mempunyai dampak yang besar terhadap kepribadian dan karakter seseorang. Khususnya dalam kehidupan bersosial. Latar belakang pendidikan dan juga latar belakang lingkunagn tempat tinggal mengambil peranan penting dalam memengaruhi cara bersikap, berpikir dan juga berbahasa. Faktor eksternal disini mampu memengaruhi seseorang lebih dari faktor internalnya. Akan tetapi hal tersebut dapat kita kendalikan salah satunya dengan dibekali ilmu agama yang memuat tentang hal tersebut. Betapapun seriusnya kebiasaan buruk, tidak akan mempengaruhi atau mengubah perilaku seseorang jika orang tersebut berusaha keras untuk tidak melakukan hal-hal tersebut. Penggunaan kata disfemia ini bergantung pada kemampuan berpikir dan penggunaan logika dalam berbahasa seseorang. kata disfemia ini menekankan pada penggunaan bahasa yang kurang baik dalam berbahasa, penelitian ini bermaksud untuk memahami bahasa dalam pandangan Islam yang mengandung unsur disfemia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Al-Ulum Volume. 13 Nomor 1. Semarang. Jawa Tengah.
Elihami, E., & Syahid, A. 2018. PENERAPAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PRIBADI YANG ISLAMI. Edumaspul Volume 2 – Nomor 1. Parepare.
Endarwati, R. A. (2018). DISFEMIA PADA TUTURAN CERAMAH MAMAH & AA INDOSIAR DAN ISLAM ITU INDAH TRANS TV. Surabaya.
Faisal. (2022). KONSEP PEMEROLEHAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam IAINU. Kebumen.
Fatwa Rohhayati¹, Rokhmat Basuki², Irma Diani³, 2020, KAJIAN BAHASA DISFEMIA PADA KOLOM KOMENTAR NETIZEN DI INSTAGRAM.
Fauzan. (2019). PERAN AGAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PADA LEMBAGA PENDIDIKAN. Penerbit Marja. Bandung.
Firly Deliana Kholilah¹, Intan Sari Ramdhani², Saefullah³. (2022). PENGGUNAAN BENTUK KEBAHASAAN DISFEMIA DALAM SITUS BERITA DARING KOMPAS.COM. Arkhais, Vol. 13. No. 1. Tanggerang.
Isnawan, F. (2019). PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP FENOMENA PENGGUNAAN KATA “ANJAY” DALAM PERGAULAN REMAJA. Jurnal Darussalam. Yogyakarta.
Jaelani, A. (2022). Pembelajaran PAI Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam UNIGA. Garut.
Jannah, M. (2019). PENGGUNAAN BAHASA DAERAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I MI THORIQUL HIDAYAH LEONG TANJUNG LOMBOK UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Mataram.
Khotimah, K. (2015). PENGGUNAAN BAHASA LISAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KETERAMPILAN SANTUN DALAM BERBAHASA SISWA DI SMK AL-HIDAYAH KOTA CIREBON JALAN SITUGANGGA NO. 165 KALITANJUNG. Cirebon
Mawardi Pewangi¹, Sitti. Satriani.Is². (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Disiplin belajar Siswa. TARBAWI jurnal pendidikan agama islam. Makassar.
Muhamad Parhan¹, Salmia Putri Elvina², Dini Siska Rachmawati³, Alma Rachmadiani⁴. (2022). Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.7, No.2, 2022. Curup, Indonesia.
Muhayanah¹. Habudin². Juhji³. (2023). Hubungan pembinaan keagamaan orang tua dengan disiplin belajar siswa. Banten.
Mupid Hidayat¹, Rama Wijaya Abdul Rozak², Kama Abdul Hakam³, Maulia Depriya Kembara⁴, Muhamad Parhan⁵. (2022). Character education in Indonesia : How is it internalized and implemented in virtual learning?. Cakrawala Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol.41 No.1, February 2022, pp. 186-198. Bandung.
Muslihin, M. (2023). SIKAP DAN PEMILIHAN BAHASA DALAM PERSPEKTIF SOSIOLINGUISTIK. AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam. Kuala Tungkal.
Rachmat, F.W. (2017). PENGGUNAAN SARKASME DALAM PERGAULAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Makassar
Rizki Amrillah¹, Ahmad Abimubarok². (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Boarding School Kampung Sawah. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM UHAMKA, Vol. 13, No. 1. Jakarta.
Tambak, S. (2016). Metode Bercerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Thariqah Vol. 1 No. 1. Pekanbaru.
Trismanto, Drs. M.Pd. (2015). Berbahasa Dengan Logika. Serat Acitya – Jurnal Ilmiah UNTAG. Semarang.
Ulfa Maisyaroh¹, Ludovikus Bomans Wadu², Iskandar Ladamay³. (2019). Implementasi Nilai Disiplin Melalui Kegiatan Keagamaan Islam Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Malang.
Ulfyana, I.P. (2021). KAJIAN TEORI HAKIKAT BAHASA
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v13i1.18935
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Widya Adzini Gultom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.