The Role of The Lecturer In Forming Students' Islamic Character

Mardiah Astuti, Herlina Herlina, Tsania Khairana, Nike Asalliyah Saputrie, Intan Yolanda

Abstract


This research aims to determine the importance of the role of lecturers in shaping the character of students at the State Islamic University Raden Fatah Palembang. The type of research used is qualitative, with a descriptive approach. Data collection techniques include interviews, observations, and documentation. The results obtained indicate that lecturers play a significant role in how students develop Islamic character in the MPI study program at UIN Raden Fatah Palembang, both as role models, inspirations, motivators, and evaluators in the process of forming students' Islamic character. Supporting factors include campus policies, understanding of values, care, and a good environment. Meanwhile, inhibiting factors include the need for increased awareness among both lecturers and students regarding the importance of students' Islamic character.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa penting peran dosen dalam membentuk karakter mahasiswa di Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian yang digunnakan adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh bahwa pengajar memiliki peran yang besar terhadap bagaimana mahasiswa mengembangkan karakter Islami mahasiswa Prodi MPI UIN Raden Fatah Palembang, baik sebagai teladan, sebagai inspirasi dan motivator juga sebagai evaluator dalam proses pembentukan karakter Islami mahasiswa. Faktor pendukungnya yakni kebijakan kampus, pemahaman nilai, kepedulian dan lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yakni perlu adanya peningkatan kepedulian baik bagi dosen juga mahasiswa terhadap pentingnya karakter Islami mahasiswa.


Keywords


Role of Lecturers, Islamic Character of Students

Full Text:

PDF

References


Alaren, D. S. (2017). PERAN DOSEN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA . Vol. 9 No.2 Juni 2017, p 88-97.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Noerfikri.

Asmani, J. M. (2012). Buku panduan internalisasi pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Fredy Yunanto, R. K. (2023). Membangun Karakter Mahasiswa Indonesia Melalui Pendidikan Karakter. Volume 05, Nomor 04, pp. 12401-12411.

Ibrahim, Badaruddin, K. M. S., & Ridiana, P. (2023). Operasionalisasi Laboratorium Komputer Dalam Pembelajaran Jambura Journal of Educational Management. Jambura Journal of Educational Management, 4(September), 239–250.

Ibrahim, Nabila, T., Rahmaliya, N., & Setyaningsi, K. (2023). Pelaksanaan Pembinaan Disiplin Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(3).

Khulaisie, R. N. (2016). HAKIKAT KEPRIBADIAN MUSLIM, SERI PEMAHAMAN JIWA TERHADAP KONSEP INSAN KAMIL. Vol. 11, No 11.

Marzuki. (2012). Pendidikan Karakter Dan Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran. STAIN Kediri.

Mujib, A. (2006). Kepribadian dalam Psikologi Islam . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru sebagai Teladan dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34–47. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.349

Nata, A. (2005). Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: UIN Jakarta Pers.

Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62.

Nurpratiwi, H. (2021). Membangun karakter mahasiswa Indonesia melalui pendidikan moral. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), Vol. 8. No.1.

Saiful, Yusliani, H., & Rosnidarwati. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter: Perspektif Al-Ghazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Meunara Baro Kabupaten Aceh Besar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 721–740. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1900

Setyaningsih, K., Ibrahim, & Devi, F. (2022). Strategi Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa di MA An-Nur Tebing Suluh Kec . Lempuing. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yuliharti. (2018). PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI DALAM HADIS DAN IMPLIKASINYA PADA JALUR PENDIDIKAN NON FORMAL. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam Vol. 4, No. 2.

Zainuri, A., Ibrahim, Kanada, R., & Hidayat. (2023). Evaluasi Kurikulum Pendidikan : Memastikan Proses Pembelajaran Sesuai dengan Tujuan Pendidikan. 9(1), 64–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i2.18155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ibrahim Baim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara