Problematics of Increasing The Professionalism of Madrasah Ibtidaiyah Teachers

Dewi Ayu Oktafiani

Abstract


This research was based on various challenges encountered by MI Rifa'iyah Kampil in increasing the professionalism of teachers in the madrasah, including the qualifications of educators who are not yet relevant, the limitations of teachers in understanding the curriculum and the low motivation of teachers who are still the background for formulating strategies. Madrasah head in increasing teacher professionalism at MI Rifa'iyah Kampil. The role of the madrasa head in improving the quality of education at MI Rifa'iyah Kampil is very influential on teacher professionalism. The aim of this research is to describe the increase in teacher professionalism at MI Rifa'iyah Kampil and to describe the problems of increasing teacher professionalism at MI Rifa'iyah Kampil. This research is field research with a qualitative approach..

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai tantangan yang ditemui oleh MI Rifa’iyah Kampil dalam meningkatkan profesionalisme guru di madrasah tersebut, di antaranya yaitu kualifikasi pendidik yang belum relevan, keterbatasan guru dalam memahami kurikulum dan masih rendahnya motivasi yang dimiliki oleh guru masih menjadi latar belakang penyusunan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil. Peran kepala madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MI Rifa’iyah Kampil menjadi sangat berpengaruh terhadap profesionalisme guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika dalam peningkatan profesionalisme guru di MI Rifa’iyah Kampil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif.

 


Keywords


Education

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media.

Dirjen PMPTK, Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) (Jakarta: Depdiknas, 2010)

E. Mulyasa. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Benny. 2012. Metodologi Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa.

Moh. Padil. 2011. Strategi Pengelolaan SD/MI Visioner. Malang: UIN Maliki Press.

Muhdi, PGRI Jawa Tengah: Indonesia masih Kekurangn 700 Ribu Guru, Akbar Hari Mukti

(https://jateng.tribunnews.com/2019/03/06/pgri-jawa-tengah-indonesia-masih-kekurangan-700-ribu-guru.)

Nurdin, Syafruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat.

Prasojo, Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan Yogyakarta: Gava Media.

Purwanto, Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung : CV Remaja Karya.

Sagala, Syaiful. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sondang P. Siagian. tt. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, dan Syaodih, Nana. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i2.18051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dewi Ayu Oktafiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara