Use of Word Square Learning Media in Learning The History of Islamic Culture at Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Ajaran islam menetapkan bahwa pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya dilakukan bagi pria dan wanita, dan pendidikan merupakan kegiatan yang berlangsung seumur hidup (life long education). Seiring berkembangnya zaman, dalam melakukan proses pembelajaran tidak hanya disampaikan melalui metode ceramah. Yang mana kebanyakan menjadikan para peserta didik bosan, jika pembelajaran disampaikan dengan metode konvensional tersebut. Sehingga, guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik agar dapat membangkitkan minat belajar pada diri peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan minat peserta didik, khususnya dalam proses pembelajaran SKI adalah dengan menggunakan media pembelajaran Word Square. Kajian dalam penelitian ini, menggunakan kajian literatur dengan mempelajari dan membaca literatur-literatur yang terkait dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan dalam penerapannya media pembelajaran Word Square memadukan kemampuan menjawab pertanyaan dengan mencocokkan jawaban pada kotak-kotak yang mirip seperti teka-teki silang, sehingga hal tersebut dapat menciptakan sebuah proses belajar yang menarik dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, E. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS WORD SQUARE PADA POKOK BAHASAN Al-KHULAFA’AR-RASYIDUN (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Apriyanto, A. (2015). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK MENGENAL HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW KE MADINAH PADA SISWA KELAS V MI FUTUHIYYAH.
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.hal 23
Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan media dan sumber pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Nur, D. A. S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Dan Media Visual Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Kelas Xi Di Man 2 Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Sa'adiah, S., & Farhurohman, O. (2020). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) di MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1), 37-50.
Susilo, A. A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79-93.
Widiartini, N. P. D. S., Tegeh, I. M., & Arini, N. W. (2014). Pengaruh Model Word Square Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas V SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Yasmansyah, Y., & Zakir, S. (2022). Arah Baru Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 3(1), 1-10.
Zain, A. (2020). Strategi belajar mengajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i2.17590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Munawir Munawir, Azizatur Rahmah, Mufilia Nurkhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.