Pengaruh Media Massa Terhadap Persepsi Remaja Tentang Tubuh Ideal: Studi Kasus Pada Remaja Pengguna Instagram

Tita Agustina, Hilalah Zahirah, Shafina Tunnazah Sholehah

Abstract


Citra tubuh merupakan sebuah pandangan yang mengonsepkan mengenai bentuk tubuh yang ideal. Pemahaman mengenai cita tubuh yang ideal disebarkan melalui media sosial khususnya instagram. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan remaja pengguna instagram terhadap citra tubuh serta menganalisa bagaimana pengaruh citra tubuh yang disediakan oleh media sosial serta dampak yang dialami remaja dalam memahami citra tubuhnya. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel remaja awal, tengah, dan akhir melalui penyebaran kuisioner dengan bantuan google form. Objek dalam penelitian ini merupakan remaja yang berusia 13-15 tahun yang tergolong remaja awal, 16-18 tahun yang tergolong remaja tengah, dan 19-21 tahun yang tergolong remaja akhir. Berdasarkan jenis kelamin terdapat 75% responden yang mendominasi pengisian kuisioner penelitian ini merupakan perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa bentuk tubuh yang ideal menurut remaja ialah bentuk tubuh yang proposional, responden penelitian ini juga sebanyak 76% merasa tidak terpengaruhi citra tubuh yang beredar di sosial media instagram bahkan 67,3% responden merasa kepercayaan dirinya meningkat dengan adanya pandangan mengenai citra tubuh di media sosial. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum berdasalkan sampel yang dimiliki peneliti penggunaan instagram dikalangan remaja tidak mempengaruhi pandangan mereka mengenai cita tubuh yang ideal.


Full Text:

PDF

References


Ariani, N. K. N., Swedarma, K. E., & Saputra, K. (2021). Hubungan Citra Tubuh Dengan Gangguan Perilaku Makan Pada Remaja Putri Pengguna Instagram. Community of Publishing In Nursing, 9 (5), hal 563-571.

Aristantya, E. K., & Helmi, A. F. (2019). Citra Tubuh pada Remaja Pengguna Instagram. Gadjah Mada Journal of Psychology, 5 (2), hal 114-128.

Brown, P. J., dan M. Konner. (1987). “An Anthropological Perspective of Obesity.” Annuals of the New York Academy of Science 499, hal. 29-46.

Candra, I. A., & Novianty, A. (2022). Hubungan antara Ketidakpuasan Bentuk Tubuh dengan Objektifitas Diri pada Remaja Pengguna Instagram. Jurnal Sains Psikologi, 11 (1), hal 34-49.

Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep Body Image Remaja Putri. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), hal. 55–61.

Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Remaja. Jurnal Analitika, 6(2), 98–104.

Khoerunnisa, R., Selian, T. M., & Nurvikarahmi, T. (2021. Peran Penggunaan Instagram Terhadap Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (3), hal 8723-8731.

Myers, Phillip N. dan Biocca, Frank A. (1992), “The Elastic Body Image: The Effect of Television Advertising and Programming on Body Image Distorsions in Young Women,” Journal of Communication 42(3), hal. 108-133.

Sari, N. A., & Z, Sri, P. R. (2022). Dampak Intesisitas Mengakses Media Sosial Dengan Body Image Pada Remaja. JPI: Jurnal Psikologi Islam, 1 (2), hal 58-71.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i1.16453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara