Peran Teman Sebaya dalam Membentuk Kepribadian Islam pada Masa Dewasa Muda (Usia 18-23 Tahun)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2016). Hakekat kepribadian dalam psikologi islam. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 37-50.
Ana, Melvi. (2022). Peran teman sebaya (peer) dalam pembentukan kepribadian siswa kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 21 Lebong.
Brown, B. B., Bakken, J. P., Ameringer, S. W., & Mahon, S. D. (2008). A comprehensive conceptualization of the peer influence process in adolescence. In M. J. Prinstein & K. A. Dodge (Eds.), Understanding peer influence in children and adolescents (pp. 17–44). The Guilford Press.
Desniani, T. (2020). Pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII MTS Negeri 3 Kabupaten Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(1). 47-68.
Fatahuddin, A. P., & Hamka, S. H. (2022). Konsep kepribadian muslim dan relevansinya terhadap pendidikan karakter; kajian tafsir pendidikan tematik. al-iltiza: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1). 112-132.
Fitriani, A. (2016). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Al-AdYaN, XI(1).
Gunawan, S. P. I., Surianto, S. P., PMat, M., Dalmi Iskandar Sultani, S. P. I., Ridwan, A., Marisa, S., ... & Asrin, A. Fenomena Pendidikan Abad 21: Responsi dan Antisipasi Isu Memberdayakan Pendidikan Era Global (Vol. 1). Penerbit K-Media.
Gumiandari, S. (2011). Kepribadian manusia dalam perspektif psikologi islam (telaah kritis atas psikologi kepribadian modern). Holistik, 12(2).
Harahap, R. M. (2017). Manajemen pembentukan kepribadian muslim dalam perspektif filsafat pendidikan islam. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 6(2).
Harahap, R. M. (2017). Pembentukan kepribadian muslim dalam perspektif filsafat pendidikan islam. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 6(2).
Hasanah, M. (2015). Dinamika kepribadian menurut psikologi Islami. Ummul Qura, 6(2), 110-124.
Hernides, H. (2019). Pergaulan remaja dalam perspektif pendidikan Islam. Lentera Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 27-44.
Irmayanti. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan kepribadian mahasiswa jurusan dakwah dan komunikasi IAIN PAREPARE.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).
Makarim, U., & Masnina, R. (2021). Hubungan antara faktor teman sebaya dengan pembentukan karakter berbasis Islami pada remaja di Fakes UMKT. Borneo Student Research (BSR), 2(3), 1766-1771.
Muhammad, Afif. (2018). Perilaku Kepribadian Islam: Memahami Perilaku Manusia dengan Paradigma Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mujib, A. (1999). Fitrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah, 1999.
Pranoto, A., Abdussalam, A. & Fahrudin, F. (2016). Etika pergaulan dalam Al-Qur’an dan implikasinya terhadap pembelajaran PAI di sekolah. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 3(2). 107-119.
Pratiwi, N., Sugiatno, S., Karolina, A., & Warsah, I. (2020). Peran teman sebaya dalam pembentukan akhlak anak: studi di MTs Muhammadiyah Curup. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(4), 280-297.
Ridwan, A., Jannah, F., & Gunawan, G. (2022). Kontribusi Abdur Rauf As-Singkili Terhadap Pendidikan Islam. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 6(2).
Rufaedah, E. A. (2020). Peran pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8-25.
Saifurrahman, S. (2016). Pembentukan kepribadian muslim dengan tarbiyah islamiyah. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiah, 1(1), 65-76
Setiyowati, E. (2020). Pembentukan kepribadian islami pada anak usia dini. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(2), 157-165.
Sriyanti, L., & Ramadhani, L. R. (2021). Pembinaan kepribadian islami dan solidaritas sosial remaja. Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies, 2(2), 111-124.
Sukaesih, T. (2017). Pendidikan keimanan bagi usia dewasa awal menurut perspektif Islam.
Susanto, A., & Aman, A. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, media televisi terhadap karakter siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105-111.
Trianto, H. S., Soetjiningsih, C. H., & Setiawan, A. (2020). Faktor pembentuk kesejahteraan psikologis pada milenial. Philanthropy: Journal of Psychology, 4(2), 105-117.
OK, A. H. (2023, January). The Transformatıon of Islamıc Relıgıous College Post Covıd-19 Pandemıc: As an Effort to Adaptatıon the Dırect Learnıng. In PROCEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM, LAW, AND SOCIETY (Vol. 2, No. 1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i1.15747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal Analytica Islamica