HUBUNGAN ANTARA RELIGIOSITAS DENGAN SIKAP PRO LINGKUNGAN PADA MAHASISWA

Fachri Hidayah Maliki Saddam

Abstract


Kepekaan seseorang untuk menjaga dan merawat kebersihan lingkungan sekitarnya dipengaruhi banyak hal salah satunya religiositas . Religiositas merupakan salah satu nilai atau karakter yang menjadikan sikap dan perilaku yang patuh terhadap agama yang dianut dan sikap pro lingkungan adalah sikap menjaga dan merawat lingkungan salah satunya menjaga kebersihan. Kebersihan dapat dipahami sebagai usaha untuk membersihkan kotoran dari tempat yang kotor. Hubungan antara manusia dan lingkungan salah satunya adalah  al-ihtifadh yaitu hubungan untuk melestarikan, konservasi lingkungan sekitarnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mencari hubungan antara religiositas dan sikap pro lingkungan dengan korelasi pearson menggunakan bantuan software SPSS dan didapat korelasi sebesar 0,436 yang artinya religiositas (X) dengan sikap pro lingkungan (Y) memiliki korelasi yang cukup dengan taraf kepercayaan sebesar 99% dapat menyatakan bahwa terdapat keeratan hubungan yang signifikan secara statistik antara religiositas (X) dan sikap pro lingkungan (Y).

Full Text:

PDF

References


Qumariyana, K. (2022). Literature Review: Agama dan Religiusitas dalam Mendukung Perilaku Pro Lingkungan.

Agustina, A. (2021). Perspektif Hadis Nabi Saw Mengenai Kebersihan Lingkungan. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(2), 96-104.

Sultan, S. (2022). Peningkatan Partisipasi Masyarakat Terhadap Kebersihan Lingkungan, Pemahaman Agama Islam Bahwa Kebersihan Merupakan Sebagian Daripada Iman di Kecamatan Somba Opu. TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(01), 75-91.

Obaid, (2013). Religiuisitas Lembaga Pendidikan yang Berwawasan Lingkungan. Al-Ta’dib, 6 (Hubungan antara Manusia dengan lingkungan), 13. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/296/286

Maghfur, M. (2010). Pendidikan lingkungan hidup dan masa depan ekologi manusia. In Forum tarbiyah (Vol. 8, No. 1, pp. 57-71). Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.

Fisikawati, A. R., Anggraeni, Y., Wardani, I., & Nuari, D. (2018, April). Mengembangkan Sikap Religius untuk Mengurangi Individualisme pada Siswa di Zaman Global. In Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global (Vol. 11, pp. 189-193).

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Effendi, M. I., Sugandini, D., Sukarno, A., Kundarto, M., Arundati, R., & Berliana, N. (2020). Perilaku pro-lingkungan pada mahasiswa.

Burhanuddin, M. (2012). Koefisien, korelasi, signifikansi, & determinasi.

Astuti, C. C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1-7.

Ahmad, M. D. (2019). Hubungan Sikap terhadap Lingkungan dengan Perilaku Pro Lingkungan Dimoderasi oleh Agreeableness (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang)..

Nuryadin, S., & Bakar, A. (2017). Pro Environmental Behavior Dalam Hubungannya Dengan Kecerdasan Spiritual Dan Pengetahuan Tentang Isu-Isu Lingkungan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan, 18(02), 27-37.

Febriani, N., Istiqomah, E., & Tanau, M. U. (2020). HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PADA KARYAWAN QHSE PT. ADARO INDONESIA. Jurnal Kognisia, 3(1), 51-61.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i1.15077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara