PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DALAM PANDANGAN ISLAM
Abstract
Islam bukan sekedar ‘religion’ seperti yang berkembang dalam peradaban Barat, di mana sejak zaman renaisans menerapkan prinsip sekularisme. Sekularisme memisahkan antara agama dengan negara. Islam adalah agama a comprehensive way of life (suatu cara hidup yang menyeluruh). Ini berarti bahwa seluruh aspek kehidupan manusia dipandu oleh agama. Dalam melaksanakan kegiatan komunikasi pembangunan, Islam memiliki prinsip yang harus dijadikan tuntunan dalam aplikasinya
Full Text:
PDFReferences
Al-Baqiy, Muhammad Fuad, Mu’jam al-Mufafhras al-Fadz Alquran, Kairo: Dar al Fiqr, 1981
Ashari, Endang Saifuddin, Kuliah Islam, Jakarta: Rajawali, 2002
Ash-Shiddiqy, TM.Hasbi, Al-Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1964
Abbas, Tuanku, Pengantar Ilmu Publisistik, Banda Aceh: TP, 1972
Departemen Agama RI, Alquran dan terjemahannya
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1990
Effendi, Onong Ucohjono, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek,Bandung: Remaja Karya, 1984
Fadil Nur Ahmad, Islam dan Lingkungan Hidup, Medan: T.P, T.T
Harahap, Syahrin, Islam Dinamis; menegakkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan modern di Indonesia,Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997
Jihannessen, Richard, L, Etics in Human Communication (terj) Dedy Mulyana, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996
Kertapati, Ton, Dasar-dasar Publisistik, Jakarta: Bina Aksara, 1981
Rahmat Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003
Rousdy, TA.Lathief, 1985, Dasar-dasar Rethorika Komunikasi dan Informasi, Medan: FA.Rinbow, 1985
Wok,Saodah,Prof.Madya,Dr.Dkk, Teori-teori Komunikasi, Pahang Darul Makmur: PTS. Publications & Distributor SDN, 2004
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.14983
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal Analytica Islamica