Penyematan Logo Halal Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (Eksplorasi Utilitas Fikih dalam Integrasinya dengan Ekonomi)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alinda R., dan Adinugraha, H., H. (2022). Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal dan Sikap Konsumen Untuk Kembali Membeli Produk Makanan dan Minuman Kemasan. Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Ekonomi dan bisnis Islam, 2 (2), 153-168.
Arianto dan Ahid, H., N. (2022). Penelitian dan Pengembangan (Studi Positivisasi Hukum Islam di Indonesia), Inovatif, 8 (1), 93-115.
Azhari, M., R., Mashuri S. dan Al-habsyi F. (2022). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Teknologi di Era Society 5.0, Prosiding kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Negeri Datokarama Palu, 1, 212-217.
Bariroh M. (2022), Positivisasi Nilai Syariah Dalam Regulasi Jaminan Integrasi di Indonesia, Ahkam, 10(1), 38-39.
Burhanuddin, Rianto, S. (2022). Perilaku Konsumen Muslim Indonesia Terhadap Perkembangan Produk Makanan dan Minuman Halal, PKWU, 10(2), 645-654.
Daru, N., W., dan Anwar, M., C. (2019). Persepsi Konsumen Muslim Terhadap Produk MS Glow yang Bersertifikat Halal di Surabaya, Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 1-10.
Jannah L., N., dan Kevin. (2022). Analisa Minat Beli Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan Berlabel Halal di Kota Batam, JGBMR: Journal of Global Bussiness and management Review, 4(1), 101-108.
Kawila A. (2022). Peraturan Pemberlakuan Sertifikasi Halal Terhadap Produk Asing yang Masuk ke Suatu Negara Menurut Hukum Internasional (Analisis Produk Kosmetik Impor Korea Selatan), JIMHUM, 2(1), 3.
Lubis, M., A., A., dan Permata, C. (2022). Analisis Keputusan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Integrasi Nomor 40 Tahun 2022 Terkait Ketiadaan Nama Lembaga Berwenang pada Label Halal Perspektif Najmudin Al-Thufi, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam,10 (2), 423-436.
Nurdin, N., Novia N., Rahman A., dan Suhada, R. (2019). Potensi Industri Produk Makanan Halal di Kota Palu, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, 1 (1), 1-12.
Nursan, M. (2021). Manajemen Industri Produk Halal Dalam Perspektif Ekosistem Halal, (Makassar: Desanta Muliavisitama), 49.
Pardiansyah, E., Abduh M. dan Najmudin. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) dengan Skema Self-Declare bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas, Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 2 (2), 101-110.
Rachman, A., Maemunah M., dan Ulpah, M. (2022). Desain Baru Logo Halal Badan Penyelenggara Jaminan Integrasi; Antara Urgensi, Seni dan Esensi. El-Buhuth, 4 (2), 245-262.
Rahmawati dan Thamrin, H. (2021). Relevansi Utility dan Mashlahah dalam Mikro Ekonomi Syariah, Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 4(2), 1-9.
Rizky M., dan Slamet, G. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Label Halal Terhadap Pembelian Konsumen pada Kosmetik Wardah di Kartasura, Smooting, 20(2), 137-144.
Rohidin. (2017). Pengantar Hukum Islam, Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Books, 5.
Rusdin dan Yuwono, W. (2022). Analisis Pengaruh E-Wom, Attitude, Information Quality Terhadap Purchase Intenstion dan Trust Sebagai Variabel Intervening di Kota Batam yang Menggunakan E-commers, JIMEA, 6(1), 487-495.
Sampoerno, M., N., Sa’adah M., Hardi, S., P. (2022). Semiotycs Analisis Toward Indonesian Halal logo, Ijma, 2(2), 11-17.
Sayekti, N., W. (2014). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif kelembagaan, Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.
Stiawan F., dan Septiana A. (2019). Buku Ajar Studi Fikih, (Pamekasan: Duta Media), 11.
Sucipto S., Kusumastuti, N., P., A., Islami F., N., A., dan Septifani, R. (2021). Pengaruh Keberadaan Logo Halal dan Kualitas Keripik Tempe Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Influence of Halal Logo Existence and Quality of Tempe Chips on Consumer Purcashing decision). Jurnal Teknologi & Industri Hasil Pertanian, 26(1), 11-24.
Sukardani, P., S., Setianingrum V., M. dan Wibisono, A., B. (2018). Halal Lifestyle: Current Trends in Indonesian Market, Atlantis Press, Volume 226, 334.
Warto dan Samsuri. (2020). Sertifikasi Halal dan Implikasinya bagi Bisnis Produk Halal di Indonesia, Al Maal: Journal of Islamic Economics And Banking, 2(1), 98-112.
Widayat, Sulardjaka, Al-Baarri, A., N., Nurjannah, R. (2020). Pendampingan Sertifikasi Halal Pada UMKM Hanum Food (Halal Certification Support In UMKM Hanum Food), Indonesian Journal of Halal, 3(1), 84.
Zamharira, C., dan Abdullah, M. A., Trend Makanan Korea di Banda Aceh; Penyelenggaraan Jaminan Integrasi oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Permusyawaratan Ulama Aceh, Jurnal Geuthe, 101-108.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v12i1.14465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal Analytica Islamica