PENGARUH KEBIJAKAN K13 TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI MIS IKHWANUL MUKMININ BINJAI

CENDANI ALFANIZHA HIDMA

Abstract


Kurikulum 2013 sebagai langkah lanjutan adalah pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang digunakan pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang terdiri atas kompetensi, sikap, pengetahuan serta keterampilan secara terintegrasi. Kursus 2013 merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai prestasi gemilang di masyarakat nasional dalam penguasaan teknologi yang tertuang dalam arah kenegaraan. Pengembangan kurikulum 2013 didasarkan pada pemikiran tentang tantangan masa depan, pemahaman masyarakat tentang pengetahuan dan pedagogi, kemampuan masa depan dan fenomena negatif yang muncul. Terkait dengan lembaga pendidikan islam yang juga mengikuti kebijakan kurikulum 2013 pastinya juga mengalami perubahan dan harus menyesuaikan terhadap kebijakan yang telah di tetapkan pemerintah tersebut. Dengan demikian di perlukan penyeimbangan untuk terus bisa berjalan nya proses pendidikan tersebut walaupun dalam lembaga pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Amela, Viona. 2019. Dampak Kurikulum 2013 Bagi Pendidik dan Peserta Didik. Sidoarjo: Manajemen Pendidikan, Vol 4, no 9.

A.Ferry T.Indarto. 2007. Kurikulum yang Mencerdaskan. Jakarta: Kompas.

Hartini Retnaningsih. 2014. Masalah Kurikulum Baru Tahun 2013. Malang: jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol 6, no 8.

Hakim, Lukmanul. 2017. Analisi Perbedaan Antara KTSP dan Kurikulum 2013. Aceh: Jurnal Ilmiah Didakta, Vol 17, no 2.

Imas Kurniasih, Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan Surabaya: Kata Pena.

Loekloek Endah Poerwati, Sofan Amri. 2009. Panduan Memahami Kurikulum 2013

M. Fadillah. 2009. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA.

Muhammad, Athiyyah. 2003. Prinsip Prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa.2013.Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, Kamillah. 2020. Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Swasta. Tembilhan: Vol 1, no 2.

Putri, Rahma. 2018. Pengaruh Kebijakan Kurikulum Terhadap Pembelajaran di Sekolah. Padang.

http://www.jejakpendidikan.com/2017/01/kajian-tentang-pendidikan-agama-islam.html?m=1 diakses pada tanggal 25 November 2022 pukul 20:18 wib.

https://edukasi.okezone.com/read/2014/12/08/65/1076314/perbedaan-ktsp-dan-kurikulum-2013. Diakses pada tanggal 25 November 2022 pukul 18. 35.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i2.13576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara