MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Pondok Pesantren Ulumul Qur’an Stabat)

Muhammad Azhari

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan tujuan kurikulum, mengetahui pengembangan
materi kurikulum, mengetahui proses pembelajaran kurikulum, dan mengetahui sistem evaluasi kurikulum
dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasi penelitian di
pondok pesantren Ulumul Qur’an Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara,
studi dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari alur reduksi data, alur penyajian data, alur penarikan
kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian dilakukan pemeriksaan yang didasarkan pada empat
kriteria, yaitu; derajat kepercayaan, keteralihan, dan kepastian, dengan menggunakan teknik-teknik, antara
lain; memperpanjang kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat, analisis kasus
negatif, cek ulang, dan triangulasi. Hasil penelitian dikemukakan bahwa manajemen kurikulum dalam meningkatkan
mutu pendidikan adalah penerapan kurikulum sesuai kebutuhan dan keberhasilan mencapai tujuan pembelajaran,
terutama dalam mewujudkan tujuan pendidikan di pesantren. Karena dalam manajemen kurikulum dilakukan
pengembangan tujuan kurikulum, pengembangan materi kurikulum, proses kurikulum dan sistem evaluasi
kurikulum, yang dilaksanakan di pesantren guna meningkatkan mutu pendidikan. Pengembangan tujuan
kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah untuk meningkatan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mengembangkan kemandirian dan dapat mengikuti
pendidikan lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asari, Hasan,Menyingkap Zaman Keemasan Islam: Kajian Atas Lembaga-Lembaga Pendidikan, (Bandung:

Mizan,1994)

Bukhori, Muhammad, dkk, Azas-azas Manajemen (Yogyakarta: Aditya Media, 2005)

Burhanuddin,Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan (Bumi Aksara: Jakarta , 1994)

English, Fenwick W, Management Practice as a Key to Curriculum Leadershiph, (Washington: the Association

for Supervision and Curriculum Development, 1979)

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004)

Idi Abdullah, dan Toto Suharto,Praktik Kurikulum Pendidikan Islam, ,(Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014)

Milihollen dan Forisha,From Skinner to Rogers:Contrasting Approaches to Education, Profesional Educational

Educators Publications,(Lincon: Nebraska, 1972)

Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia (Jakarta: Bina Aksara, 1988)

Pinar dan Ginnet, Toword a poor Curriculum, (Lowa: Kendall/Hunt Publisshing Co, Dubuque, 1980)

Stanton, Sharles,Higher learning in Islam: The Classical Period, AD 700-1300, (Maryland: Rowman &Littlefield,

Stanton, Charles Michael, Pendidikan Tinggi dalam Islam,Alih Bahasa Afandi dan Hasan Asari (Jakarta:

Logos Wacana Ilmu, 1994)

Sukmadinata, Nana Syaodih , Pengembangan Kurikulum. Teori dan Praktek (Bandung: Remaja Rosda

Karya, 2016)

Tommy Wallis and Teressa Voltz, Curriculum Management Plan , (North Texas Avenue:

Bryan Independent School District, may 2015)

UU Sistem Pendidikan Nasional 2003 (Jakarta: Sinar Grafiko Persada, 2006)

Yunus, Muhammad, Sejarah Pendidikan Islam,(Jakarta: Hida Karya Agung, 2010)

Weil, Joyce dan Kluwin, Personal Model of Teaching, (New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs, 1978)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v6i2.1277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara