IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KHUSUS PADA SEKOLAH BERBASISI ISLAM DI SUMATERA UTARA
Abstract
Islam di Sumatera Utara yang berkaitan tentang: a) model-model pelaksanaan pendidikan khusus, b)
karakteristik guru pendidikan khusus, dan c) faktor pendukung dan penghambat pendidikan khusus pada
sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara.Temuan penelitian ini menginformasikan bahwa: (1) Model pelaksanaan
pendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara dapat disimpulkan bahwa model pendidikan
khusus yang dilaksanakan untuk melayani peserta didik berkebutuhan khusus adalah model pendidikan segregasi
dengan mengintegrasikan antarjenis kebutuhan khusus peserta didik (tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa
dan autis) dan mengintegrasikan antar jenjang pendidikan dalam bentuk Sekolah Luar Biasa (SLB) satu atap,
yakni satu lembaga penyelenggara mengelola jenjang Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah
Pertama Luar Biasa (SMPLB) dan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) dengan seorang Kepala
Sekolah; (2) Karakteristik guru pendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara adalah
bahwa guru pendidikan khusus di sekolah berbasis Islam memiliki tiga karakteristik, (3) Faktor pendukung dan
penghambat pelaksanaan pendidikan khusus pada sekolah berbasis Islam di Sumatera Utara dikelompokkan
menjadi 2 (dua) faktor, yaitu: faktor internal dan eksternal sekolah.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Khusus dan Sekolah Berbasis Islam
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
‘Al³, Sa’³d Ism±’³l, Al-Fikr al-Tarbaw³ al-‘Arab³ al-Isl±m³: Ushl
wa al-Mab±d³ (Tunisia: Id±rah al-Buhts
al-
Tarbawiyyah, 1978)
Ashraf, Ali, Horison Baru Pendidikan Islam, terj. Sori Siregar (Jakarta: Pustaka Firdaus, 1996)
Daming, Saharuddin, Sekapur Sirih Tentang Perwujudan Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia, Cet. I,
(Jakarta: Komnas HAM, 2013)
Harahap, Rachmita M, “Kata Pengantar” dalam Jamila K. A. Muhammad, Special Education for Special
Children, terj. Edy Sembodo (Bandung: Hikmah, 2008)
Jalaluddin, Teologi Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2003)
Munandar, Utami, Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (Jakarta: PT Rineka Cipta,1999)
Nasr, Seyyed Hossein, Islam Tradisi di Tengah Kancah Dunia Modern, terj. Luqman Hakim, (Bandung:
Pustaka, 1987)
al-Nahlawi, Abdurrahman,Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan di
Madrasah, terj. Heri Noer Ali, (Bandung: Diponegoro, 1989)
Ojala, Paula,Aims of Education and Curriculum Planning in Special Education Units and Schools in Lusaka,
Zambia: A Qualitative Study of Special Education Teachers’ Views and Classroom Practice (Zambia:
Departemen Pendidikan Khusus Universitas Jyvaskyla, 2004)
Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islami (Bandung: Citapustaka Media, 2008)
Kemdikbud: Angka Partisipasi Bersekolah Anak Berkebutuhan Khusus Rendah dalamhttp://www.antaranews.com/
berita/527190/kemdikbud-angka-pertisipasi-bersekolah-anak-berkebutuhan-khusus-rendah
Suhendri, “Anak Berkebutuhan Khusus”, Harian Waspada Medan, 29 September 2013, No. 24353
-----------, “Anak Berkebutuhan Khusus”, Harian Waspada Medan, 29 September 2013, No. 24353
Sukarso, Ekodjatmiko, dkk., Assesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Jakarta: Dirjen PSLB, 2001)
Smith et al., The Exceptional Child (New York: Mc Graww-hill Book Company, 1975)
Somantri, T. Sutjihati, Psikologi Anak Luar Biasa (Bandung: Refika Aditama, 2006)
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v6i2.1273
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Analytica Islamica