IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DOLOK MASIHUL SERDANG BEDAGAI
Abstract
Guru PAI di MAN Dolok Masihul Serdang Bedagai dan bagaimana implementasi pendidikan Islam multikultural
di MAN Dolok Masihul Serdang Bedagai ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah
eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara
triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan
makna dari padageneralisasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Konsep pendidikan multikultural merupakan
bagian dari pendidikan Islam yang sarat dengan nilai-nilai moral dan spiritual. Pendidikan Islam multikultural
mempunyai misi esensial untuk membangun karakter siswa sebagai seorang muslim yang memahami ajaran
agamanya serta mempunyai kesadaran imani yang diwujudkan ke dalam sikap dan perilaku sehari- hari
sebagai bentuk pengamalan ajaran agama dan mendorong para siswa untuk tidak inklusif dan menerima
segala bentuk perbedaan diantara para siswa dan tetap menjaga kebersamaan melalui ikatan ukhuwa Islamiyah.
Implementasi pendidikan Islam multikultural di Madrasah Aliyah Negeri Dolok Masihul Serdang Bedagai diselenggarakan
melalui penanaman nilai-nilai multikultural dalam mata pelajaran baik yang bernuasa agama Islam maupun
mata pelajaran umum lainnya dan ini berlangsung secara kolektif baik para guru maupun dukungan dari
pimpinan madrasah, disamping itu, cara lain yang ditempuh adalah melalui pembinaan kepribadian siswa
melalui kegiatan eksttra dan interakurikuler baik melalui OSIS, Pramuka, PMI, Kader Dakwah dan lain sebagainya
dengan maksud para siswa mampu mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kemampuan bersosial,
dan kemampuan pribadi lainnya dengan harapan para siswa mampu menginternalisasi nilai-nilai kebersamaan
dalam wujud nyata dan menekan nilai-nilai perbedaan diantara mereka sehingga dengan hal ini diharapkan
berdampak positif terhadap proses interaksi diantara mereka setiap saat dan setiap waktu.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Multikulltural dan Guru
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Aly, Abdullah, Studi Deskriptif Niai-nilai Multikultural dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern
Islam Assalaam, (Jurnal Ilmiah Pesantren, Volume 1, Nomor 1, Januari-Juli 2015)
Abdullah, M.Amin, “Pengajaran Kalam dan Teologi di Era Kemajemukan: Sebuah Tinjauan Materi dan
Metode Pendidikan Agama,” dalam Tashwirul Afkar, (Jurnal Refleksi Pemikiran Keagamaan dan
Kebudayaan, Edisi No. 11 Tahun 2001)
Al-Attas, Naquib, Konsep Pendidikan Islam. (Bandung: Mizan,1984)
Al-Syaibani, Oemar Muhammad al-Thoumy,Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, (Jakarta:
Bulan Bintang, 1979)
Basri, Hasan, Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Setia, 2009)
Rais, M. Amin, “Kata Pengantar”, dalam Raja Juli Antoni (ed.)Living Together in PluralSocieties: Pengalaman
Indonesia-Inggris. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002)
Mulkhan, Abdul Munir, “Humanisasi Pendidikan Islam”, dalam Tashwirul Afkar, Jurnal Refleksi Pemikiran
Keagamaan dan Kebudayaan, Edisi No. 11 Tahun 2001.
Khisbiyah, Yayah, “Mencari Pendidikan yang Menghargai Pluralisme”, dalam Sindhunata (ed.).Membuka
Masa Depan Anak-anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI. (Yogyakarta: Kanisius,
Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan.
(Yogyakarta: Pilar Media, 2005)
Mahfud, M. Choirul,Pendidikan Multikultural Cross-CulturalUnderstanding untuk Demokrasi dan Keadilan.
Cet. 2. (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2006)
KBBI Ofline Versi 1.3, Freeware © 2010-2011 by Eka Setiawan. (KBBI dengan mengacu pada data dari
KBBI Daring (edisi 3) diambil dari http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ sekarang digant di http:/
/pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/ database merupakan hak cipta pusat bahasa software ini
gratis dan bebas disebarluaskan.
Syah, Darwyn, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam (Jakarta Gaung Persada, 2007)
Syafaruddin, dkk, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta Hijri Pustaka Utama, 2016)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam (Bandung Remaja Rosdakarya, 2008, cet. Ke 8
Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung Citapustaka Media Perintis, 2011)
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab I Ketentuan
Umum Pasal I Ayat 1.
Achmadi,Ideologi Pendidikan Islam, Paradigma Humanisme Teosentris, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet. 10 (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)
Zuhairini, et. al. Filsafat pendidikan Islam (Jakarta : Bina Aksara, 1995)
Daulay, Haidar Putra, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Medan: Perdana, 2012)
Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Citapustaka, 2011)
Roqib, Moh,Ilmu Pendidikan Islam, Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat
(Parangtritis: Lkis, 2009)
Mahfud, Choirul, Pendidikan Multikultural, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006)
Tilaar, H.A.R, Kekuasaan dan Pendidikan, (Magelang: Indonesia Tera, 2003)
Suryana, Y, & Rusdiana,Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya PenguatanJati Diri Bangsa,Konsep-Prinsip-Implementasi
( Bandung: CV. Pustaka Setia, 2015)
Lash, S, & Featherstone, M. (ed.),Recognition and Difference: Politics, Identity, Multiculture, (London: Sage Publication,
Ulya, Inayatul, dan Ahmad Afnan Anshori, Pendidikan Islam Multikultural sebagai Resolusi Konflik Agama di Indonesia,
Jurnal Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Vol. 4 No. 1 tahun 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v6i1.1268
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Journal Analytica Islamica