KEPEDULIAN NABIMUHAMMAD SAW. PADAPENDIDIKAN
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana kepedulian Nabi Muhammad Saw. pada pendidikan dan dalam bentuk apa saja kepedulian tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Dengan metode deskriptif tersebut akan dapat dijelaskan suatu gejala,kejadian maupun peristiwa yang terjadi pada saat sekarang dimana peneliti berusaha untuk memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian untuk kemudian digambarkan apa adanyadengan mengumpulkan bahan-bahan bacaan yang diperlukan, memilah dan memilih bahan bacaan yang relevan, menelaah bahan-bahan bacaan, kemudian membuat kerangka tulisan, untuk selanjutnya dipaparkannya secara sistematis, mendalam, dan komprehensif terkait kepedulian Nabi Muhammad pada pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa betapa Nabi Muhammad sangat peduli dengan pendidikan diantara buktinya adalah beliau menganjurkan untuk mempelajari bahasa Suryani dan Ibrani, memberikan apresiasi bagi orang yang belajar sertamenyiapkan diri sepanjang waktu untuk mendidik dan mengajar para sahabat di segala tempat, waktu dan keadaan.
Full Text:
PDFReferences
Al-‘Asqalani, Imam al-Hafiz Ahmad ibn ‘Ali ibn Hajar.Fath al-Bari bi Syarh Ṣahīh Al-Bukhari, cet. I, jilid I. Kairo: Dar al-Hadis, 1998.
Al-Bukhari, Abi ‘Abdullah Muhammad ibn Ismail.Jami’ as-Ṣahīh, cet. I, jilid I, Kairo: Al-Matba’ah al-Salafiyah wa Maktabatuha, 1400 H.
Al-Hafiz, Nural-Din al-Haiṡami,Majma’ az-Zawaid wa Manba’ al-Fawaid,jilid I. Beirut: Dar al Kitab al-‘Arabi, 1402 H.
An-Naisaburi, Imam Abi al-Husain Muslim ibn al-Hajjaj al-QusyairiṢahīhMuslim, jilid I,. Beirut: Dar Ihya’ al-Turas al-‘Arabi, 1999.
Arsyad, Junaidi. Guru Profesional: Panduan Menjadi Guru Sukses Layaknya Nabi Muhammad Saw. Tuntunan dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Press, 2019.
____________, Pendidikan Dalam Sejarah Islam. Medan Perdana Publishing, 2019.
____________, Metode Pendidikan Rasulullah Inspirasi Bagi Guru Sejati (Medan: Perdana Publishing, 2017.
At-Tirmizi, Imam Abu ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn Ṡaurah.Jami’ at-Tirmizi. Riyad: Baitul Afkar ad-Dauliyah, t.t..
Ibn Hanbal, Imam Ahmad.al-Musnad,jilid IV. Beirut: Mu’assasah Ar-Risālah, 1417 H.
Ibn Majah,Imam ‘Abdullah al-Qazwaini.Sunan Ibnu Majah, cet.2,jilid I. Saudi ‘Arabiyah: Syarikat at-Tiba’ah al-‘Arabiyahas-Sa’udiyah, 1404 H.
Ilahi, Fadhl.Muhammad Sang Guru Yang Hebat, terj. Nurul Mukhlisin Asyraf. Surabaya: Pustaka Elba, 2012.
Khadim Al-Haramain Asy-Syarifain, Alquran dan Terjemahnya. Saudi Arabiah: Maktabah al-Malik Fahd, 1418 H.
Nasution, S. Metodologi Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung: Tarsito, 2003.
Nata, Abuddin.Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Saad, Muhammad bin.Al-Thabaqat al-Kubra, jilid II. Kairo: Maktabah al-Khanji, 2001.
Shafwan, Muhammad Hambal.Intisari Sejarah Pendidikan Islam. Solo, Pustaka Arafah, 2014.
Sukmadinata, Nana Syaodih.Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v9i2.11827
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica