KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN SISWA DI SEKOLAH

Aqilla Syafah Marwah Pohan, Maya Masita, Nurul Zahara Bancin, M. Arif Pratama Manurung, Dimas Andika Shaputra

Abstract


Kepala sekolah dituntut untuk memahami peran apa yang harus dijalankannya, apakah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, atau motivator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan siswa di SD Negeri 013822 Silomlom. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan kebijakan yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, kemudian menganalisisnya dengan bukti kebenaran data yang ada. Dalam lembaga pendidikan, Kepala sekolah sebagai seseorang yang telah diberi wewenang untuk memimpin suatu lembaga pendidikan dan harus bertanggung jawab secara penuh terhadap penyelenggaraan pendidikan sekolah yang berada di bawah pemimpinnya. Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan itu banyak di pengaruhi oleh kepala sekolah, termasuk juga masalah peningkatan mutu pendidikan. Upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adanya program-program pendidikan di sekolah guru dengan menigkatkan kedisiplinan guru, meningkatkan pengetahuan, dan pembinaan pelatihan kinerja guru di samping itu juga upaya meningkatkan mutu adanya siswa dengan memberikan bimbingan, serta tersedianya sarana prasarana guna mendukung proses pembelajaran dan dan adanya kerja sama dengan wali murid.


Full Text:

PDF

References


Fadilah, Nur. 2019. Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP IT Nurul Ilmi Medan Estate. skripsi . Sumatera Utara: UINSU.

Indrafachrudi, R. Soekarto, 2006. Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif, Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, Lexy J, 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mu’min, Kholid. 2015. Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Siswa Di SMK Ma’arif Nu 1 Ajibarang. skripsi . Purwokerto: IAIN Purwokerto.

Patilima, Hamid, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sadili, Samsudin. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Saputra, Pahmi. 2021. Strategi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMA N 14 Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo. skripsi . Jambi: UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI.

Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Sebelas Maret University Press, Surakarta.

Ukas, Maman. (2004). Manajemen : Konsep, Prinsip dan Aplikasi. Agnini. Bandung.

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara