PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT

Muhammad Al-Fatih, Puspita Dewi, Indah Wahyuni, Dea Anisha, Chandra Winata

Abstract


Seorang pemimpin sangat berperan penting dalam tercapainya keberhasilan dan tujuan suatu organisasi, begitu juga dengan Kepala sekolah yang memiliki peran kunci keberhasilan dari sebuah sekolah atau lembaga, karena keberhasilan pencapaian tujuan dan kualitas sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan kepala sekolah tidak terlepas dari peran kepala sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dalam memimpin kepala sekolah harus memiliki profesionalitas demi tercapainya tujuan pendidikan, oleh karena itu kepala sekolah harus berperan dalam proses perencanaan, pengawasan, dll.Meningkatkanya kualitas sekolah merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai, maka untuk meningkatkan kualitas lembaga itu sendiri kepala sekolah harus mampu membina dan mengarahkan para guru untuk bekerja secara profesionalitas guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkajiPeran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi bagaimana Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Negeri 1 Babalan Kabupaten Langkat.


Full Text:

PDF

References


Agus Dharma. 2003. Dicari Kepala Sekolah Yang Kompeten: Standar Kompetensi Kepala Sekolah.(Http://Artikel.Us/Adharma.Html,Diakses.06/10/2007)

Aan Komariah & Cepi Triatna, University Leadership, Menuju Sekolah Efektif, (Jakarta: Pt. Bumi Aksara, 2006).

F. C Lunenburg, Educational Administration, (Belswart: Wordsworth, 2004)

Kharismawati, D. E. (2019, Juni). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, Volume 4 Nomor 1, 19-27.

Ningsih, R. E., Nuramalia, S., & Rostian, T. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sdn 1 Sigong Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, (Pp. 75-81). Cirebon.

Rohman, N. (2017, Juli–Desember). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajemen Mutu Terpadu Studi Kasus Di Sdut Bumi Kartini Jepara. Jurnal Tarbawi, Volume 14. Nomor 2, 199-216.

Sayuti, F. (2017, Februari). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, Volume 3 Nomor 1, 1-17.

Syafaruddin, Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, Dan Aplikasi, (Jakarta: Pt. Grasindo, 2002)

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Supervisi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004).

Ulya, W. (2019, Desember). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, Volume 8 Nomor 2 , 1-7.

Winardi, Manajemen Sekolah Dan Kepemimpinan Mandiri Kepala Sekolah, Edisi 2, (Bandung: Sarana Punca Karya Nusa, 2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara