POLA PERILAKU GURU DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP NEGERI 5 MEDAN
Abstract
Guru merupakan seorang pendidik bagi peserta didik di sebuah lembaga pendidikan. Profesi guru merupaka sebuah profesi sudah patutnya untuk kita hargai karena merupakan SDM yang mencerdaskan anak bangsa. Guru adalah seorang yang digugu dan ditiru, oleh karena itu perilaku guru sangat berpengaruh terhadap peserta didik terutama dalam pendidikan karakter peserta didik. Adapun judul penelitiaan ini adalah pola perilaku guru dalam meningkatkan pendidikan karakter siswa di SMP Negeri 5 Medan, yang tujuannya untuk mengetahui (1) Bagaimana upaya Guru di SMP negeri 5 Medan dalam membentuk karakter siswa? (2) Bagaimana strategi guru di SMP negeri 5 Medan dalam membentuk karakter siswa? (3) Bagaimana peran Guru di SMP negeri 5 Medan dalam membangun karakter siswa? (4) Apa saja bentuk pendidikan karakter yang perlu dikembangkan untuk siswa di SMP negeri 5 Medan?. Adapun penelitian ini bersifat kualitatif yakni dengan teknk observasi, dan wawancara untuk pengumpulan data nya. Hasil penelitian yang dapat kami simpulkan bahwa pola perilaku guru dalm meningkatkan pendidikan karakter di smp negeri 5 Medan dengan upaya memberikan contoh atau teladan yang baik kepada siswa dan menanamkan sikap relegius bagi siswa agar tercipta karakter yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Anwar Chairul. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. Yogyakarta: IRCISoD.
F S Yenni. 2017. Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 Pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi, Vol. I No. 1.
Kusuma, Dharma. Dkk. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
L. Thomas. (2014). Pendidikan Karakte. Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakte. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Zubaedi. (2015). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica