UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DALAM MENGAJAR MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH SMP AR-RAHMAN MEDAN

Ahmadi Hamsa Ramadhan, Ayyu Purnama, Muhammad Kurniawan Lubis, Laudy Livianti, Renilda putri salam

Abstract


Kepala sekolah merupakan aspek yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan sekolah.Penelitian ini berjuan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pandemi di sekolah SMP Ar Rahman kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menghasilkan data dieskriptif berupa kata-kata tulisan. Teknik ini di gunakan untuk mendapat gambaran dan penjelasan secara detail dan menyeluruh terhadap data yang ada. Dimana pengambilan data dilakukan dengan proses pendekatan terhadap subjek secara lebih mendalam, dibantu dengan tinjauan literatur yang sudah ada sebelumnya. Adapun indikator mutu guru yaitu peningkatan kinerja guru, kedisplinan guru dalam penerapan pembelajaran selama proses belajar mengaja pada masa pendemi Covid- 19. Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu guru sudah maksimal, dimana kepala sekolah telah menyediakan fasilitas pendidikan untuk guru dalam penerapan proses belajar daring, seperti tersedianya wifi dan perangkat komputer yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi covid-19, kepala sekolah mengikutsertakan guru untuk mengikuti berbagai lagiatan seminar dan pelatihan TIK untuk meningkatkan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi covid-19, akan tetapi masih ada kendala yang di hadapi kepala sekolah dalam meningkatan mutu guru selama proses belajar mengajar pada masa pandemi, kurangnya kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan kenerja guru, Oleh karena itu terdapat beberapa hambatan yang dihadapi guru selama proses belajar mengajar pada masa pendemi seperti sulitnya jaringan internet, siswa tidak memiliki gadget,


Full Text:

PDF

References


Sabirin. 2012. Perencanaan Kepala Sekolah Tentang Pembelajaran, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 9 No.1.

Abbas, Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta, PT Alex Media Komputindo.

Wahyosumidjo.(2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja G rafindo Persada.

Suparman, S.Pd.I, S. P. (2019). kepemimpinan kepala sekolah dan guru. uwais inspirasi indonesia.

Arifin Muhammad dkk, E-Learning Berbasis Edmodo, Cet 1; Yogyakarta, Deepublisih, 2019.

Dzaky , Ahmad, Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 14 No.26 Oktober 2016, Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Pada Ma Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Gusti Sri dkk, Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid 19 Konsep, Strategi Dampak dan Tantangan, Cet.1; Yayasan Kita Menulis, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara