OPTIMALISASI PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DI SD 1 MARDIATUL ISLAMIAH MEDAN

Muhammad Al-Fatih, Ezra Aisaura, Zoe Zarka Syafiq, Salisa Afany, Laudy Livianti, Afrida Yanti Nasution, Dimas Andika, Inom Nasution

Abstract


Pengawasan merupakan sesuatu yang esensial dalam kehidupan organisasi untuk menjaga agar kegiatan yang dijalankan tidak menyimpang dari rencana yang telah ditetapkan. Dengan pengawasan akan diketahui keunggulan dan kelemahan dalam pelaksanaan manajemen, sejak awal, selama dalam proses, dan akhir proses manajemen. Pengawasan merupakan fungsi manajemen dimana setiap pemimpin dalam suatu organisasi dapat memastikan bahwa apa yang dikerjakan sesuai dengan yang dikehendaki. Salah satu caradalam upaya perbaikan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan supervisi pendidikan, maka dari itu diperlukan peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan agar lembaga pendidikan yang dipimpin oleh kepala sekolah tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengkajioptimalisasi peran kepala sekolahSd 1 Mardiatul Islamiah Medandalam pelaksanaan supervisi pendidikan agar lembaga pendidikan tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi bagaimana optimalisasi peran kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Bafadal, I. (2004). Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak . Jakarta: Bumi Aksara.

Fussalam, Y. E., Elmiati, & Yelia. (2019). Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan, Vol. 4 No. 1, 306- 320.

Hayati, H., Khalifaturrahmah, & Syaiful, M. (2021). Optimalisasi Peran Pengawas Dalam Meningkatkan Mutu Pelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman, Vol.10, No. 2, 73-83.

Iskandar, D. (2016). Peran pengawas pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan SMP di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Vol.9, No.2, 179-195.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Masaong, A. K. (2012). Supervisi Pembelajaran Dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Mukhtar, M. (2010). Supervision: Improving Performance and Development Quality in Education. Jakarta: PPSUNJ.

Nur, M. T. (2010). Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah dan Fasilitasi Oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan. Jurnal Guru Membangun, Vol.25, No.3, 1-9.

Sahertian, P. (2000). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjamsuddin, Kadir, A., & Kasminto. (2007). Manajemen Pengawasan. Bogor: Pusdiklatwas BPKP.

Syafaruddin. (2019). Kepemimpinan Pendidikan : Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan pada Era Otonomi Daerah. Depok: Rajagrafindo Persada.

Syafaruddin, & Asrul. (2014). Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Tabrani. (2019). Pengawasan Sekolah dan Mutu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara