MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA SISWA DI SEKOLAH MIS HUBBUL WATHON SEI BEROMBANG KEC PANAI HILIR
Abstract
Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Di Sekolah MIS Hubbul Wathon Sei Barombang, Pendidikan Indonesia dari waktu ke-waktu terus ditingkatkan, agar sumber daya manusia (SDM) Indonesia dapat mengikuti perkembangan iptek yang semakin cepat di era globalisasi ini. Sekolah sebagai salah satu institusi komponen dalam bidang pendidikan merupakan tempat yang sangat strategis dalam rangka menyiapkan SDM yang berkualitas. Hal ini dapat tercapai apabila segenap unsur yang ada di sekolah secara sinergi berupaya meningkatkan mutu pendidikan tersebut. Ada berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah melalui gerakan literasi membaca siswa. Literasi membaca siswa dapat memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti. Hal ini sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23 Tahun 2015 , dimana salah satu kegiatan dalam gerakan literasi membaca siswa adalah kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Materi bacaan berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional dan global yang disampaikan sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Tujuan dari gerakan ini adalah menumbuh kembangkan budi pekerti siswamelalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pebelajar sepanjang hayat. Kegiatan literasi membaca siswa melibatkan semua warga sekolah ( guru, peserta didik, orang tua/ wali murid ) dan masyarakat sebagai bagian dari ekosistem pendidikan.
Full Text:
PDFReferences
upaya meningkatkan minat baca sebagai sarana untuk mencerdaskan bangsa,suharmo,volume 1 no 1
,pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa,rusniasa,suarni,volume5 nomor 1
,program literasi sekolah dalam upaya meningkatkan minat baca siswa,ahmad aidar.muhammad sholeh
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica