METODE PENGEMBANGAN SUPERVISI KURIKULUM DI YAYASAN HIKMATUL SALRIDHO
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis metode pengembangan supervisi kurikulum di sekolah. Pembahasan difokuskan pada bagaimana pelaksanaan kurikulum pembelajaran, kegiatan kepala sekolah dan guru sebagai supervisor, peran kepala sekolah dan guru dalam mengembangkan kurikulum sekolah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat pengembangan kurikulum pendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan metode pengembangan supervisi kurikulum di sekolah. Supervisi kurikulum dalam meningkatkan kualitas guru merupakan semua usaha yang dilakukan supervisor dalam bentuk pemberian bantuan, bimbingan, penggerakan motivasi, nasihat dan pengarahan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar, yang pada gilirannya meningkatkan hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Asf & Mustofa, 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Departemen Agama RI, 2000. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI.
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Lazaruth, Soewadji, 1988. Kepala sekolah dan Tanggung Jawabnya. Yogyakarta: Kanisiuus.
Moleong, Lexy J, 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Mukhtar dan Iskandar, 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mulyasa, E., 2005. Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patilima, Hamid, 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Pidarta, Made, 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, Ngalim, 1992. Administrasi Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Rusman, 2011. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sahertian, Piet A., 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Subari, 1994. Supervisi Pendidikan dalam Rangka Perbaikan Situasi Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11699
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica