Analisis Kesulitan Guru Pada Buku Tematik Terpadu Jsit Kelas 3 Sd Al-Fityan School Kota Medan Tahun Pelajaran 2020/2021

Adelan , ., Devi Marwani Purba, Dewi Purnama Sari

Abstract


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan atau hambatan yang ditemui guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pada buku tematik terpadu JSIT kelas 3 SD Al-Fityan School Kota Medan Tahun Pelajaran 2020/2021.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 guru kelas rendah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkahlangkah reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap perencanaan pembelajaran sudah menggunakan model RPP tematik. Pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik, kegiatan pembelajaran sudah menggunakan model pembelajaran tematik dan menggunakan strategi scintefic pada tahun ini adalah belajar online melalui daring dan luring di mana semua siswa belajar dari rumah (BDR) dengan melihat video pembelajaran yang dikirim guru melalui group WA kelas atau mengikuti zoom meeting sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. Pada tahap penilaian, sudah menggunakan model penilaian tematik. Penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh semua guru adalah bentuk tes tertulis yang masih dilaksanakan secara terpisah, sesuai dengan mata pelajaran, tidak digabungkan dengan mata pelajaran lain yang berada dalam satu tema. Pada penilaian proses yang dilaksanakan adalah penilaian sikap yaitu ditujukan untuk membina perilaku sesuai budipekerti dalam rangka pembentukan karakter peserta didik sesuai dengan proses pembelajaran, tes pengetahuan yaitu digunakan teknik penilaian yang bervariasi sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, yaitu tes tulis, lisan, dan penugasan, dan penilaian kinerja/hasil yaitu penekanan penilaiannya dapat dilakukan pada proses atau produk dengan menyiapkan rubrik yang dituangkan dalam format observasi. Hambatan yang ditemui guru adalah kurangnya sosialisasi tentang pembelajaran tematik terpadu JSIT dari dinas terkait baik dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pemetaan kompetensi dasar (KD), dan penilaian. Keywords: analisis kesulitan guru, deskrikriptif, kualitatif, buku tematik.

Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya;

Bandung.

Permendikbud No 19 Tahun 2019, Tentang Surat Edaran yaitu penyederhaan

RPP.

Permendikbud No.65 Tahun 2013, Tentang Standar Proses Pelaksanaan

Pembelajaran.

Hamalik, Oemar .2005. Kurukulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, hal

Anita Lie. (2012). Cooperative Learning. Jakarta. Gramedia Widiasarana

Indonesia

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabet,

,

Sari, D.P & Amran. 2020. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Terhadap Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Siswa. Al-Irsyad. Vol. 10,

No. 2. 213-222




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.