Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Full Text:
PDFReferences
: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar
siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division
(STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK
merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan memperbaiki proses
pembelajaran, sehingga motivasibelajar siswa akan meningkat. Penelitian ini terdiri dari
siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
SD SD PAB 20 Bandar Klippa sebanyak 25 siswa, 13 siswa laki-laki dan 12 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan
observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada motivasi
belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams
Achievment Division (STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun
Pelajaran 2020/2021. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang
mencapai kriteria ketuntasan motivasi dalam tiap siklus. Hasil angket awal
menunjukkan bahwa sebanyak 9 siswa atau 35,46%. Pada siklus I pada angket
sebanyak 18 siswa atau 69,74% dan observasi 16 siswa atau 64,38%. Sedangkan
pada siklus II pada angket jumlah siswa yang mencapai kriteria ada 21 siswa atau
,62% dan observasi 21 siswa atau 82,14%.
Keywords: motivasi belajar, model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division
(STAD)
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9502
Refbacks
- There are currently no refbacks.