Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021

Adelan , ., Ainul Marhamah Hasibuan, Ainul Marhamah Hasibuan

Abstract


: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran, sehingga motivasibelajar siswa akan meningkat. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa sebanyak 25 siswa, 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai kriteria ketuntasan motivasi dalam tiap siklus. Hasil angket awal menunjukkan bahwa sebanyak 9 siswa atau 35,46%. Pada siklus I pada angket sebanyak 18 siswa atau 69,74% dan observasi 16 siswa atau 64,38%. Sedangkan pada siklus II pada angket jumlah siswa yang mencapai kriteria ada 21 siswa atau 84,62% dan observasi 21 siswa atau 82,14%. Keywords: motivasi belajar, model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division (STAD)

Full Text:

PDF

References


: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar

siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division

(STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun Pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK

merupakan salah satu jenis penelitian yang bertujuan memperbaiki proses

pembelajaran, sehingga motivasibelajar siswa akan meningkat. Penelitian ini terdiri dari

siklus, tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V

SD SD PAB 20 Bandar Klippa sebanyak 25 siswa, 13 siswa laki-laki dan 12 siswa

perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan

observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif

kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada motivasi

belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams

Achievment Division (STAD) pada siswa kelas V SD SD PAB 20 Bandar Klippa Tahun

Pelajaran 2020/2021. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang

mencapai kriteria ketuntasan motivasi dalam tiap siklus. Hasil angket awal

menunjukkan bahwa sebanyak 9 siswa atau 35,46%. Pada siklus I pada angket

sebanyak 18 siswa atau 69,74% dan observasi 16 siswa atau 64,38%. Sedangkan

pada siklus II pada angket jumlah siswa yang mencapai kriteria ada 21 siswa atau

,62% dan observasi 21 siswa atau 82,14%.

Keywords: motivasi belajar, model kooperatif tipe Student Teams Achievment Division

(STAD)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.