BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Khairuddin Tambusai

Abstract


Fokus penelitian ini adalah 1) kondisi kepercayaan diri siswa, 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, serta hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam menumbuhkan rasa rasa percaya diri siswa. Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa dan guru BK dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpil dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) bahwa kondisi kepercayaan diri siswa tergolong cukup tinggi namun masih ada beberapa siswa yang tingkat kepercayaan dirinya rendah. Siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah ditandai dengan pendiam dan pemalu serta ragu-ragu dan tidak tidak berani mendaftarkan diri mengikuti ekstrakurikuler, 2) elaksanaan layanan bimbingan kelompok dilaksanakan minimal sebulan sekali dan secara isidental tujuannya adalah siswa dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki serta 3) Pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan guru pembimbing untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan dapat menghilangkan sifat pemalu memberikan perubahan dalam diri siswa sehingga mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Kata Kunci: Percaya diri, Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Fokus penelitian ini adalah 1) kondisi kepercayaan diri siswa, 2)

Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, serta hasil pelaksanaan layanan

bimbingan kelompok dalam menumbuhkan rasa rasa percaya diri siswa.

Sebagai subjek penelitiannya adalah siswa dan guru BK dengan menggunakan

instrumen pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Data yang telah

terkumpil dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini

adalah 1) bahwa kondisi kepercayaan diri siswa tergolong cukup tinggi namun

masih ada beberapa siswa yang tingkat kepercayaan dirinya rendah. Siswa yang

memiliki rasa percaya diri rendah ditandai dengan pendiam dan pemalu serta

ragu-ragu dan tidak tidak berani mendaftarkan diri mengikuti ekstrakurikuler, 2)

elaksanaan layanan bimbingan kelompok dilaksanakan minimal sebulan sekali

dan secara isidental tujuannya adalah siswa dapat mengoptimalkan kemampuan

yang dimiliki serta 3) Pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan guru

pembimbing untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan dapat menghilangkan

sifat pemalu memberikan perubahan dalam diri siswa sehingga mampu

mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Kata Kunci: Percaya diri, Bimbingan Kelompok.

Lamongga Lubis, Namora. 2011. Memahami Dasar- dasar Konseling, (Jakarta :

Kencana Prenada Media Grup)

Margono, S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta)

M. Luddin, Abu Bakar. 2009. Kinerja Kepala Sekolah dalam Kegiatan Bimbingan

dan Konseling, (Bandung : Citapustaka Media Perintis)

. 2012. Konseling Individual dan Kelompok (Aplikasi dalam Praktek

Konseling). (Bandung : Citapustaka Media Perintis)

Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung : Remaja

Rosdakarya)

Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. (Jakarta :

Rajawali Pers)

Prayitno,et. Al. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling : Sekolah Menengah

Umum (SMU). (Jakarta : Kerjasama Koperasi Karyawan Pusgrafin

dengan Penerbit Penebar Aksara)

. 2004. Seri Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling (Jakarta :

Rineka Cipta)

.1997. Seri Pemandu Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah

Lanjutan Tingkat Pertama(SLTP). (Jakarta : PT Bina Sumber Daya MIPA)

.1997. Seri Pemandu Pelayanan Bimbingan dan Konseling Sekolah

Menengah Kejuruan : SMK, (Jakarta : PT. Ikrar Mandiriabadi)

. 2004. Layanan L1-L9, (Universitas Negeri Padang)

Ros Taylor. 2009. Mengembangkan Kepercayaan Diri (Jakarta : Erlangga)

Setiawan, Ponky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. (Yogyakarta :

Parasmu, 2014)

Slameto, 2004, Bimbingan di Sekolah, (Jakarta : Rineka Cipta)

Sukardi, Dewa Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan

Konseling di Sekolah, (Jakarta : Rineka Cipta)

Tohirin, 2011, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis

Integrasi), (Jakarta : Rajawali Pers)

Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling : Studi dan Karier, (Yogyakarta :

CV. Andi Offset)

Winkel & Sri Hastuti. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan,

(Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia)

Winkel, WS. 2002. Psikologi Sosial, (Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana

Indonesia).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.