EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI SD DI KECAMATAN SIANTAR BARAT, UTARA DAN MARIHAT

Nurmaliyah Pardede

Abstract


Abstract: Strategi supervisi akademik pengawas yang efektif dapat meningkatkan kompetensi professional guru. Keterbatasan jumlah pengawasdan luasnya wilayah binaan merupakan persoalan dalam supervise akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas supervise akademik pengawasingkatkan kompetensi professional guru PAI SD di Kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat, 2) kendala yang dihadapi pengawas dalam melakukan supervise akademik, dan so;usi agar supervise akademik pengawas dapat meningkatkan kompetensi professional guru PAI SD di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptip. Penelitian dilakukan di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat \. Informan penelitian adalah guru-guru PAI SD, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan ketua kegiatan guru dan murid. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokuntasi. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis model interaktif.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) supervise akademik yang dilakukan pengawas Pendidikan Agama Islam cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI terlihat dari meningkatnya penguasaan bahan materi ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar, 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam melaksanakan supervisi akademik adalah kurangnya intensitas supervise dan kurangnya pengembangan kompetensi supervise akademik pengawas PAI, 3) Solusi dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervise kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan kemampuan supervise akademik pengawas secara berkala dan berkesinambungan.
Kata Kunci: efektivitas, supervise, kompetensi professional guru


Full Text:

PDF

References


Masyhuri dan M. Zainuddin, (2008). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Bandung: Refika Aditama.

Muhammad Uzer Usman. (2002), Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosda Karya).

Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Menteri Agama No 2 Tahun 2012.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2011). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, A.P. (2008). Konsep Dasar dan Tekhnik Supervisi Pendidikan.

Sudjana, Nana. (2011). Supervisi Pendidikan, Konsep dan Aplikasinya Bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.9349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.