UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN TEAM QUIZ PADA MATERI ZAKAT DI SMP NEGERI 16 MEDAN

Nurramidah Nasution

Abstract


Karya penelitian membahas upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zakat di SMP Negeri 16 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya hasil belajar yang ditandai minimnya siswa yang mampu melampaui nilai KKM. Dalam penelitian ini ditawarkan penggunaan metode team quiz dalam pembelajaran PAI materi pokok zakat.
Rumusan permasalahan yang dikemukakan adalah, apakah metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi zakat di SMP Negeri 16 Medan? Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Metode pengumpulan data memakai teknik dokumentasi, observasi, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar materi pokok zakat pada kelas IX SMP Negeri 16 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang peroleh menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata kelas adalah 66,25, pada siklus 1 meningkat lagi menjadi 79,25 dan pada siklus 2 naik menjadi 89. Adapun data ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesari 13 (32,50%), pada siklus 1 sebesar 25 (62,50%), dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 39 (97,50%)..
Keywords: Zakat, Team Quiz, Hasil Belajar.
PENDAHULUAN


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Broto, B. S. (2007). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

DEPDIKBUD. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hufad, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas: Program Peningkatan Kualifikasi Guru PAI di Sekolah. Jakarta: Dirjen PAI DEPAG RI.

Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Bebasis PAIKEM. Semarang: Rasail.

Junaidi, M. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasi di Madrasah. Yogyakarta: Pilar Media.

Muslam. (2008). Pengembangan Kurikulum PAI (Teori dan Praktis). Semarang: PKPI2.

Mustaqim. (2007). Ilmu Jiwa Pendidikan. Semarang: Andalan.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, N. (2005). dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsaputra, U. (2015, Mei 25). Wordpres. Retrieved Oktober 10, 2016, from http://uharsaputra.wordpress.com.

Suryabrata, S. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syah, M. (1999). Psikologi Belajat. Jakarta: Logos.

Syakur, F. (2005). Teknologi Pendidikan. Semarang: Walisongo Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v7i2.9346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.