PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI DI SEMESTER IV PGMI FITK UINSU TAHUN AJARAN 2019/ 2020

Eka Yusnaldi

Abstract


Abstrak : Permasalahan dalam Penelitian iniĀ  adalah untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Hasil Belajar IPS yang di peroleh Mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar mahasiswa Semester IV sebelum diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle mata kuliah IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di PGMI FITK UIN Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i semester IV dengan jumlah mahasiswa 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle nilai rata- rata mahasiswa 58,48 dan hasil belajar mahasiswa yang tuntas hanya 9 mahasiswa (27,27%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 24 mahasiswa (72,73%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS di semester IV PGMI FITK UIN Sumatera Utara berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada siklus I, namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar mahasiswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar mahasiswa memiliki nilai rata-rata 70,9 (57,57%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,3 (81,81%).

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Learning Cycle, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


Abdul Majis Khon. 2014. Hadis Tarbawi Hadis- Hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ahmad Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ahmad Sudjono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.

Aslindawati Nur. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Office: Vol. 3 No1.

Budi Setiawan, dkk. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVc SD Negeri 169 Pekan Baru. Jurnal Universitas Riau: Vol 1 No. 1.

Budianto. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Erwinda Widyanawati. 2016. Keevektivan Model Pembelajaran Learning CycleTerhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Kartini Jepara, Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Eka Yusnaldi. 2018. Pembelajaran IPS MI/SD. Medan: CV Widya Puspita.

Khadijah. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Kusnandar.2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Made Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Muchlish.2013. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mukrima. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurmawati. 2016. Evaluasi Pendidikan Islami. Medan: Cita Pustaka Media.

Salim. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka.

Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Suharsimi. 2009. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukarjo. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya, Jakarta: Rajawali Press.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutoyo. 2008. IPS Untuk SD/MI Kelas 4, Jakarta: CV Sahabat.

Tritanto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatof Progresif, Jakarta: Kencana.

Widyanawati Erwinda. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD Gugus Kartini Jepara, Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.