KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN HIDAYATUL ISLAM PEMATANGSIANTAR

Nurmaliyah Pardede

Abstract


Strategi supervisi akademik pengawas yang efektif dapat meningkatkan kompetensi professional guru. Keterbatasan jumlah pengawasdan luasnya wilayah binaan merupakan persoalan dalam supervise akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas supervise akademik pengawasingkatkan kompetensi professional guru PAI SD di Kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat, 2) kendala yang dihadapi pengawas dalam melakukan supervise akademik, dan so;usi agar supervise akademik pengawas dapat meningkatkan kompetensi professional guru PAI SD di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat.      Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptip. Penelitian dilakukan di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat \. Informan penelitian adalah guru-guru PAI SD, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan ketua kegiatan guru dan murid. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokuntasi. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis model interaktif.  Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) supervise akademik yang dilakukan pengawas Pendidikan Agama Islam cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI terlihat dari meningkatnya penguasaan bahan materi ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar, 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam melaksanakan supervisi akademik adalah kurangnya intensitas supervise dan kurangnya pengembangan kompetensi supervise akademik pengawas PAI, 3) Solusi dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervise kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan kemampuan supervise akademik pengawas secara berkala dan berkesinambungan

Kata Kunci: efektivitas, supervise, kompetensi professional guru


Full Text:

PDF

References


Basri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014

Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990

Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002

Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005

Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003

Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010

Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.

http://download.portalgaruda.org/article.

http://download.portalgaruda.org/article.

Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013

Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.

Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015

Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013

Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014

Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015

Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017

___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017

Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012

____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013

Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014

______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009

_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013

Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015

________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011

Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016

________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: ReBasri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014

Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990

Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002

Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005

Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003

Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010

Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.

http://download.portalgaruda.org/article.

http://download.portalgaruda.org/article.

Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013

Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.

Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015

Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013

Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014

Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015

Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017

___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017

Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012

____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013

Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014

______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009

_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013

Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015

________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011

Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016

________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, Cet-9

Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005

Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang

dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

maja Rosdakarya, 2004, Cet-9

Undang-UndanBasri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014

Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990

Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002

Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005

Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003

Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010

Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011

H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.

http://download.portalgaruda.org/article.

http://download.portalgaruda.org/article.

Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014

Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013

Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.

Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015

Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013

Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004

Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013

Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014

Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991

Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015

Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017

___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008

Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017

Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012

____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013

Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014

______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009

_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013

Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006

Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015

________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011

Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016

________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, Cet-9

Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005

Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang

dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013

g Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005

Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013

Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang

dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.9334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.