KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN HIDAYATUL ISLAM PEMATANGSIANTAR
Abstract
Strategi supervisi akademik pengawas yang efektif dapat meningkatkan kompetensi professional guru. Keterbatasan jumlah pengawasdan luasnya wilayah binaan merupakan persoalan dalam supervise akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas supervise akademik pengawasingkatkan kompetensi professional guru PAI SD di Kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat, 2) kendala yang dihadapi pengawas dalam melakukan supervise akademik, dan so;usi agar supervise akademik pengawas dapat meningkatkan kompetensi professional guru PAI SD di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptip. Penelitian dilakukan di kecamatan Siantar Barat, Utara dan Marihat \. Informan penelitian adalah guru-guru PAI SD, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan ketua kegiatan guru dan murid. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokuntasi. Tehnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis model interaktif. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: 1) supervise akademik yang dilakukan pengawas Pendidikan Agama Islam cukup efektif dalam meningkatkan kompetensi professional guru PAI terlihat dari meningkatnya penguasaan bahan materi ajar, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian hasil belajar, 2) Hambatan yang dialami pengawas dalam melaksanakan supervisi akademik adalah kurangnya intensitas supervise dan kurangnya pengembangan kompetensi supervise akademik pengawas PAI, 3) Solusi dari kendala tersebut adalah rekrutmen pengawas baru, peningkatan intensitas supervise kunjungan kelas dan peningkatan program pembinaan kemampuan supervise akademik pengawas secara berkala dan berkesinambungan
Kata Kunci: efektivitas, supervise, kompetensi professional guru
Full Text:
PDFReferences
Basri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014
Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990
Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002
Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005
Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003
Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011
H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.
http://download.portalgaruda.org/article.
http://download.portalgaruda.org/article.
Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013
Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.
Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015
Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004
Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013
Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014
Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991
Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015
Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017
___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017
Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012
____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013
Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014
______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009
_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013
Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006
Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015
________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011
Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016
________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: ReBasri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014
Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990
Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002
Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005
Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003
Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011
H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.
http://download.portalgaruda.org/article.
http://download.portalgaruda.org/article.
Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013
Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.
Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015
Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004
Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013
Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014
Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991
Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015
Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017
___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017
Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012
____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013
Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014
______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009
_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013
Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006
Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015
________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011
Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016
________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, Cet-9
Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005
Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang
dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
maja Rosdakarya, 2004, Cet-9
Undang-UndanBasri Hasan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Pustaka Setia, 2014
Cooper, James M., Classroom Teaching Skill, Lexington, Massachussetts Toronto: D.C. Heath and Company, 1990
Danim Sudarwan , Inovasi Pendidikan Dalam Upaya PeningkatanProfesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2002
Darmaningtyas, Ilusi tentang Guru dan Profesionalisme, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharm, 2005
Departemen Agama RI, UU RI Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam, 2006
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonseia, edisi keempat,
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008
_____________________, Kurikulum 2004 Standar Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003
Djamarah, Syaiful Bahri , Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2010
Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
Hidayat Rahmat , Manajemen Pendidikan Islam Stategi Baru dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam, Medan: LPPPI, 2016
Hikmat, Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011
H.Emil Tambunan, Prinsip-prinsip Administrasi Supervisi dan Kepemimpinan Pendidikan, Medan: Arivco, 2011
http://www.jurnal.unsyiah.ac.id.
http://download.portalgaruda.org/article.
http://download.portalgaruda.org/article.
Majid Abdul, Startegi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014
Marno, Triyo Suprayitno, Manajemen dan Kepemimpinan Pebdidikan Islam, Bandung: Refika Aditama, 2013
Mulyasa Enco, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya, cet. 8, 2009.
Musfah Jejen, Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia, 2015
Mutohar Prim Masrokan,Manajemen Mutu Sekolah , Strategi Peningkatan Mutu dan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013
Nashar, Peranan Motivasi Dan Kemampuan Dalam Kegiatan Pembelajaran, Jakarta: Delia Press, 2004
Putra Haidar Daulay dan Nurgaya Pasha, Pendidikan Islam Dalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2013
Pramono, Sigit, Panduan Evaluasi Kegiatan Belajar Mengajar, Tehnik Membuat Evaluasi Berbagai Model Soal, Yogyakarta: Diva Press, 2014
Purwadarminta W. J. S., Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka, 1991
Rusdiana, Kebijakan Pendidikan Dari Filosofi Ke Implementasi, Bandung: Pustaka Setia,2015
Sagala Saiful, Human Capital Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas, Depok: Kencana, 2017
___________________, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung:Alfabeta, 2008
Sanjaya Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2017
Siahaan Amiruddin, at.al, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektifitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. Pertama, Medan: Perdana Publishing,cet 2012
____________________, Administrasi Satuan Pendidikan Pendekatan Sistemik dalam Pengelolaan Pendidikan untuk Meningkatkan Efektivitas Pencapaian Tujuan pada Satuan Pendidikan, cet. kedua, Medan: PerdanaPublishing, 2013
Siahaan Amiruddin, Tohar Bayoangin, Manajemen Pengembangan Profesi Guru, Bandung: Citapustaka Media, 2014
______________________, Kebijakan Pendidikan Studi Teoritis di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2015
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kuaitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta, cet. 7, 2009
_______________, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D, Bandung: Alfabeta, cet. 19, 2013
Surya Mohammad, Percikan Perjuangan Guru Menuju Profesional, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2006
Syafaruddin, Manajemen Organisasi Pendidikan Persfektif Sains dan Islam, Medan: Perdana Publishing, 2015
________________, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Menuju Sekolah Efektif, Medan: Perdana Publishing, 2011
Syafaruddin at.al, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2016
________________, Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan, Medan: Perdana Publishing, 2015
Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004, Cet-9
Undang-Undang Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005
Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang
dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
g Guru dan Dosen, UU RI No 14 Tahun 2005
Usman M. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Yahya Murip, Profesi Tenaga Kependidikan Dilengkapo dengan Undang-Undang
dan Peraturan-Peraturan yang Terkait dengan Tenaga Kependidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.9334
Refbacks
- There are currently no refbacks.