IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI PEKANBARU

Alma Yulianti, Neviyarni S, Yarmis Syukur, Riska Ahmad

Abstract


Abstract: Manajemen pembelajaran di ranah perguruan tinggi tidaklah banyak disorot, mengingat pengelolaan manajemen sudah mengikuti setiap prosedur yang berlaku, baik itu terkait kurikulum, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Manajemen pembelajaran psikologi pendidikan idealnya melalaui perencanaan yang matang dan mengikuti hasil need assessment sebelumnya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengmpulkan data melalui wawancara, observasi maka  implementasi manajemen pembelajaran psikologi pendidikan merupakan aplikasi dari aspek manajemen yang terdiri dari perencanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh tenaga pendidik sebelumnya. Proses perencanan, pelaksanaan serta evaluasi dilakukan secara berkala setiap bulan untuk menilai proses perencaan dan pelaksanaan yang telah dilakukan. Implementasi manajemen pembelajaran Psikologi Pendidikan di  dilakukan dengan strategi beragam seperti metode ceramah, metode diskusi, yang dalam proses pelaksanaannya masih terdapat ketidakkonsistenan, dimana dalam silabus dan RPP disebutkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Psikologi Pendidikan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas, inquiry, demonstrasi, dan percobaan (eksperimen).

Kata kunci : implementasi, pembelajaran, sekolah tinggi


Full Text:

PDF

References


Ahmadi,. 2015. Didaktik Metodik, Semarang, Thoha Putra, Semarang, Cetakan

ke-I.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2011. Perencanaan dan Pengembangan Sumber

Daya Manusia,Bandung, Refika Aditama.

Annas Sudjiono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, PT. Raja

Garfindo Persada,Jakarta.

Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta, Prenada, Media Group.

Eka Prihatin. 2011. Manajemen Peserta Didik, Bandung, Alfabeta.

Fatah Syukur. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan, Semarang,

Pustaka Rizki Putra.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta,

Gava Media.

Hamid Darmadi. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar, Bandung, Alfabeta.

Hamzah B. Uno. 2006. Orientasi Dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta, PT.

Bumi Aksara,Jakarta.

H. Malayu S.P. Hasibuan. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah,

Jakarta, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Made Pidarta. 2004. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Rineka Cipta.

Mawardi Lubis dan Zubaedi. 2009. Evaluasi Pendidikan Nilai, Yogyakarta,

Pustaka Belajar.

Marno dan Triyo Supriyanto. 2008. Manajemen dan Kepemimpinan Pendidika.

Bandung,Refika Aditama.

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, Rajawali Pers, 2012

Nanang Pattah. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, PT. Remaja

Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,

Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek,

Jakarta, Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung, Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.