HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SI SMP NEGERI 16 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 16 Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kela VIII SMP Negeri 16 Medan berjumlah 31 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah Correlation Product Momment. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Skor variabel keterampilan guru mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata 83,90, median 85,00, mode 79, sd. 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata 99,84, median 103,00, mode 112, sd 13,926, varian 193,940, range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total 3095. 2) Ada hubungan antara Keterampilan mengelola kelas dengan Hasil belajar siswa di MTs YAPDI sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan keterampilan guru dalam mengeola kelas dengan hasil belajar siswa.
Keywords: keterampilan mengelola kelas, hasil belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2008). Metode Penelitian Tindakan. Jakarta: Rineka Cipta.
Imron, A. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sujana, N. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yusuf, A. M. (2012). Teknik Analisa Data. Padang: FIP UNP.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v9i2.9318
Refbacks
- There are currently no refbacks.