Belajar Dari Rumah (Daring): Kemandirian Belajar Mahasiswa

Ade Chita Putri Harahap, Dinda Permatasari Harahap, Sari Wardani Simarmata

Abstract


Kegiatan belajar pembelajaran yang dilakukan secara darin (BDR) dikarenakan belum selesainya Wabah Covid-19 menuntut mahasiswa untuk bias menjadi mandiri dalam keadaan apapun. Terutama dalam hal belajar. Mahasiswa harus mampu melakukan kegiatan belajar yang aktif, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dalam setiap kegiatan belajar, tidak mengharapkan bantuan orang lain, menguasai kompetensi tertentu, serta bertanggung jawab atas dirinya sendiri selama proses kegiatan belajar.

Penelitian ini dilakukan untutk mengetahui gambaran dari kemandirian mahasiswa selama proses belajar pembelajaran secara daring (belajar dari rumah/BDR). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa BKI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa BKI berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 90% dan pada kategori sedang sebesar 10%.

Hal ini menunjukkan bahwa, dengan keadaan dan situasi apapun, mahasiswa mampu bertahan dan keluar dari masalah akademiknya sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri dalam kegiatan belajarnya

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi. 2004. Teknik Belajar yang Efektif. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aini, P.T & Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. X (1):48-65.

Haris Mujiman. 2007. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Izzati, N. 2012. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta:UNY

Mulyaningsih, I.E. 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20 (04). 441-451.

Rijal, S & Bachtiar, S. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika. 3 (02):15-20.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sulo, L & Umar. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Sundayana, R. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnah Moosharafa. 5 (02): 75-84.

Utomo, J. 2007. Membangun Harga Diri. Jakarta: Gramedia.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.