Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19

Purbatua Manurung

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Agama Islam bagi siswa di masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkahlangkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap development melibatkan enam validator dan empat praktisi untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap implementation melibatkan 80 peserta didik (30 peserta didik di SMP Negeri 1 Sunggal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dioleh dengan analisi data deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yang dilakukan dalam 2 tahap diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 85,56% dan ahli media sebesar 85,56%. Perolehan hasil praktisi materi sebesar 90,00% dan praktisi media 86,67%. Untuk respon peserta didik terhadap media pembelajaran memperoleh hasil skor yaitu sebesar 85,00%.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, e-book, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. (2017). Development of Interactive Software for Impelemnatating teh Science Process Skills in Science Primary School. Iternational Journal of Academic Research in Business and Social Science , 2222-6990.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewi, C. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Prakarya Membatik Menggunakan Adobe Flash untuk Siswa Kelas VII SMP Dr. Wahidin. Skripsi UNY , 1-226.

Djamarah, S. B. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. (1977). Principles of Intructional Design. New York: Rinenart and Witson.

Haidar, A. (2016). Pengembangan Media Bku Pintar Elektronik Sebagai Media Pembelajaran pada Siswa SD Kelas 4 Tema Indahnya Kebersamaan kurikulum 2013. UNS , 1-217.

Pixyoriza. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. Skripsi UIN Lampung , 1-114.

Sekti, T. (2019). Pengembangan Mdeia Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash pad Muatan SBdP Materi Mozaik Kelas IV SDN Purwosari 01 Semarang. UNS , 1-84.

Tegeh, I. M., Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Wahyudi, I. N., & Nurjaman, I. (2018). Pengaruh Kegiatan Mozaik terhadap Kemampuan Motorik halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Prodi PAUD , 1-15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.