Hubungan Antara Self Efficacy dan Iklim Kelas Dengan Self Regulated Learning Siswa SMK Negeri 2 Medan

Abd. Aziz Rusman, Fauziah nasution

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan natara variabel self efficacy dan iklim kelas dengan self regulated learning siswa SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, yaitu untuk menegtahui hubungan antar variabel penelitian. Populasi adalah seluruh siswa SMK Negeri 2 Medan. Sampel berjumlah 160 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan rumus Regresi Linear berganda. Operasi hitung menggunakan bantuan SPSS 17.0.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Hubungan antara variabel self efficacy dengan self regulated learning siswa sebesar 0,133 atau 13,3% pada signifikansi 0,002; 2) Hubungan antara iklim kelas dnegan self regulated learning siswa sebesar 0, 301 atau 30,1% pada signifikansi 0,000. 3) Total hubungan variabel self efficacy dan iklim kelas dengan self regulated learning siswa sebesar 0,381 atau 38,1% pada signifikansi 0,000.

 

Kata Kunci: Self regulated learning, self efficacy, iklim kelas


Full Text:

PDF

References


Fasikhah, S. S., dan Siti Fatimah. 2013. Self-regulated learning dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 01, No. 01 : 142-152.

Latipah Eva. (2010). Strategi Self regulated learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis, Jurnal Psikologi, Volume 37, No.1, Juni 2010: 110129, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Ningrum, Pratiwi dan Makmuroh. (2014). Hubungan Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Is-4 SMA Negeri 1 Singaparna Tasikmalaya. Jurnal Psikologi. ISSN 2460-6448. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Schunk, D. H. & Zimmerman, B. J. (1998). Self regulated learning : From Teaching to Self-Reflective Practice. New York : Guilford.

Spitzer, T. M. (2000). Predictor of College Success : A Comparison of Traditional and Nontraditional Age Students. NASPA Journal, Vol 38(1).

Subiyanto & Hadiyanto. (2003). Pengembalian Kebebasan Guru untuk Mengkreasi Iklim Kelas dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan da Kebudayaan. Jakarta : Depdiknas.

Tarmidi dan Lita H. Wulandari. 2005. Prestasi Belajar Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Iklim Kelas pada Siswa yang Mengikuti Program Percepatan Belajar. Jurnal Psikologi, 1 (1). (online): http://repository.usu.ac.id/handle/ 123456789/15707. Diakses tanggal 2 Maret 2020.

Zimmerman, B.J (1989). A. Social Cognitve View Of Self regulated learning. Journal Of Educational Psychology. 81 ,329-339




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.