Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19

Ade Chita Putri Harahap, Samsul Rivai Harahap, Dinda Permata Sari Harahap

Abstract


Abstract: Kondisi Dunia yang sedang dilanda Pandemi Covid-19 membuat orang-orang menjadi sangat terbatas untuk melakukan sesuatu. Berbagai sektor terkhusus sektor pendidikan terkena dampak pandemi ini yang mengharuskan para tenaga pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan belajar pembelajaran di rumah secara daring/virtual. Mahasiswa dengan berbagai tugas yang diberikan oleh dosen dituntut untuk mampu bertahan di dalam keadaan yang sulit seperti saat ini. mereka harus bisa bertahan dalam segala tekanan, tugas, dan berbagai permasalahan yang dialami selama belajar daring/virtual. Mahasiswa harus mampu menunjukkan resiliensi akademik yang baik selama masa pandemi covid-19 ada. Mahasiwa harus bisa bertahan diberbagai keadaan maupun dalam keadaan covid-19 melanda. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa BKI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik mahasiswa BKI berada pada kategori tinggi dengan presentase 63,12% dan pada kategori sedang sebesar 36,88%. Hal ini menunjukkan bahwa pada masa pandemi covid-19 mahasiswa mampu bertahan di keadaan tersebut dan mampu keluar dari masalah akademik yang dialaminya serta mampu keluar dari tekanan-tekanan akademik yang ada yang dialami selama proses belajar mengajar secara virtual atau daring.

 

Keywords: Mahasiswa, Resiliensi Akademik, Pandemi Covid-19


Full Text:

PDF

References


Davis, NJ. 1999. Resilience & School Violence Prevention: Research-based program. National Mental Health Information Center.

Desmita, 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitri dan Kushendar. 2019. Konseling Kelompok Cognitive Rectructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Jurnal Bulletin of Counseling and Psychotherapy. (01) 2:67.

Hendriani, W. 2017. Adaptasi Positif Pada Resiliensi Akademik Mahasiswa Doktoral. Jurnal Humanitas. (14) 02: 139-149.

Reivich, K. 2002. The Resilience Factor: 7 Essential skills for overcoming life’s inevitable obstacies. New York: Broadways books.

Santoso, Santosa A. 2020. Covid-19 dalam Ragam Tinjauan Perspektif. Mbridge Press: Jakarta.

Sari,dkk. 2016. Hubungan Antara Dukungan sosial Teman Sebaya dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Undip. Jurnal Empati. (02)2: 177-182

Tumanggor,dkk. 2015. Pengaruh iklim Kelas Terhadap Resiliensi Akademik, Mastery Goal orientation dan Prestasi Belajar. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan.UMM.

Wahidah. 2018. Resiliensi Akademik Perspektif Psikologi Islam. Proceeding National Conference Psikologi UGM. Yogyakarta.

Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.