PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN GURU MATA PELAJARAN TERHADAP PELAYANAN DARING DI SMA

Mori Dianto, Putri Syamer, Besti Nora Dwi Putri

Abstract


Abstract: Orangtua dan guru mata pelajaran adalah orang yang sangat penting dalam pembelajaran baik itu dirumah maupun di sekolah, orang tua mempunya peranan yang penting dalam proses pembelajatran anak di sekolah dan guru mata pelajaran dalam proses pembelajaran disekeolah karena kedua dukunagn ini sangat penting bagi peserta didik, dalam pandemi covid 19 ini banyak kendala yang dialami oleh orangtua dan guru dalam pembelajaran sehingga dibutuhkan pelayan yang prima oleh sekolah dalam meningkatkan motivasi dan semangat peserta didik dalam belajar. Adapun tujuan peneliti dalam penelitian ini yakni untuk mengetahui seberapa bsar pengaruh orangtua dan guru dalam pelayanan daring yang dilakukan oleh sekolah, metode dalam penelitian ini penelitian ini menggunakan metode kuantitatif analisis regresi sederhana, dari hasil temuan penelitian yang peneliti lakukan di salah satu SMA kota padang peneliti menumukan adanya pengaruh yang signifikan antara pengaruh dukungan sosial orangtua dan guru mata pelajaran dalam pelayanan secara daring yakni sebesar 25,7 % hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya orangtua dan guru mata pelajaran mempunyai penagruh yang signifikan dalam pelayanan daring di sekolah, hal ini sebagai orangtua dan guru mata pelajaran mempunyai peran dalam meningkatkan pelayanan dalam pembelajaran daring di sekolah.

 

Keywords: Dukungan Sosial, Pelayanan Daring

Full Text:

PDF

References


Dianto, M. (2017). Profil Dukungan Sosial Orangtua Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1), 42-51.

Duval, E.M & Miller, B.C. 1985. Barriage and Family Development (6th ed). New York: Harper & Row Publisher Inc.

Nashori, F. (2003). “Kompetensi Interpersonal Mahasiswa Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi, 11(1), 26-38.

Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Coution: journal of counseling and education, 1(2), 7-16.

Soemardjono. 1992. Liku-liku Relasi Antar Pribadi dan Permasalahannya dalam Kepribadian Siapakah Saya. Jakarta: Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.