Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Perempuan dalam Proses Perkuliahan

Wira Solina, Citra Imelda Usman

Abstract


Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang bersifat transaksional. 2). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang menyangkut isi pesan dan hubungan antar pribadi. 3). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang adanya kedekatan antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi 351 orang. Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 78 orang. Intrumen yang digunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang bersifat transaksional berada pada kategori cukup baik. 2). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang menyangkut isi pesan dan hubungan antar pribadi berada pada kategori cukup baik. 3). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang adanya kedekatan antara pihak-pihak yang berkomunikasi berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan berada pada kategori cukup baik.

Keywords: Komunikasi, Interpersonal, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Evi Zuhara. (2015). Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Edukasi. Vol 1, No 1. http://103.107.187.25/index.php/cobaBK/article/view/319/295.

Harjana. 2007. Komunikaisi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Johns, Garry. 1986. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Indeks.

Muhammad. 2005. Pengantar Komunikasi dan Konseling. Jakarta: Kencana.

Mulyana. 2008. Suatu Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Narbuko & Ahmadi. 2003. Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Indeks.

Robin. 2007. Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: Raja Wali Pers.

Sendjja. 2002. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Perseda.

Sinaga & Hadiati. 2001. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Siska, Sudardjo & Esti Hayu Purnamaningsih. (2003). Kepercayaan Diri dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi. No 2. 67 – 71. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7025.

Trenholm & Jensen. 1995. .Komunikasi Public Relation. Bandung: Pustaka Setia.

Yasdi . 2010. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.