Analisis Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Dewi Purnama Sari, Amran ,

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat 9 siswa memiliki self-efficacy tinggi, 21 siswa memiliki self-efficacy sedang dan 4 siswa memiliki self-efficacy rendah. Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik.

Keywords: Self-Efficacy, Kooperatif Tipe Jigsaw


Full Text:

PDF

References


Arcat. 2013. Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Self Efficacy Siswa SMP Melalui Model Kooperatif STAD Berbantuan Wingeom. Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung

Azwar. Surya, E & Saragih, S. 2017. Development of Learning Devices Based on Contextual Teaching and Learning Model Based on The Context of Aceh Cultural to Improve Mathematical Representation and Self-Efficacy Ability of SMAN 1 Peureulak Students. Journal of Education and Practice. Vol. 8, No. 27, 186-195

Bandura, A. & Locke, E. A. 2003. Negative self-efficacy and goal effects revisited. Journal of Applied Psychology. Vol. 88, No. 1, 87-99.

. . 1997. Self Efficacy: (The Exercise of Control). New York: W. H. Freeman and Company

Dazrullisa. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kreatifitas Dan Motivasi Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas Vii Smp Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1, 1-9

Fajri, H. N. Johar, R & Ikhsan, M. 2016. Peningkatan kemampuan spasial dan self–efficacy siswa melalui model discovery learning berbasis multimedia. Beta. Vol. 9, No.2, 180-196

Hamdi, S. & Abadi, A. (2014). Pengaruh motivasi, self-efficacy dan latar belakang pendidikan terhadap prestasi matematika mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 1, No. 1, 77-87.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Liu, X & Koirala, H. 2009. The effect of mathematics self-efficacy on mathe-matics achievement of high school students. Northeastern Educational Research Association (NERA) Confe-rence Proceedings, 30, 1-13

Marpaung, A. S. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Efficacy Siswa Melalui Pendekatan Metakognitif Dengan Metode Improve Di kelas x-1 sma negeri 1 lawe alas. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Medan

Mukhid, A. 2009. Self Efficacy (perspektif teori kognitif sosial dan implikasinya terhadap pendidikan). Tadris. Vol. 4, No. 1, 106-122

Rachmawati, N. 2012. Pengaruh Media Pop-up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5- 6 Tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Online. Tersedia di http://ejournal.unesa.ac.id/article/9458/19/article. pdf

Schunk, D. H. 1995. Self-Efficacy, Motivation and Performance.Journal of Applied Sport Psychology.

Simanungkalit, R. H. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Efficacy siswa SMP Negeri 12 Pematang Siantar. Tesis tidak diterbitkan. Medan: PPs Unimed

Sinaga, Y. F. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Pembelajaran Savi Berbantuan Wingeom. Tesis tidak diterbitkan. Medan : Program pascasarjana unimed

Skaalvik, E. M. Federici, R. A & Klassen, R. M. 2015. Mathematics achievement and self-efficacy: Relations with motivation for mathematics. International Journal of Educational Research. Vol. 72, 129-136

Syahputra, E & Suhartini, I. 2014. Increasing of Students’ Achievement in Polynomial by Using Jigsaw Method. Journal of Education and Practice .Vol. 5, No.5, 175-182




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.