Hubungan Penyesuaian Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020

Tumiyem Tumiyem, Samsul Bahri, Ahmad Sukhrin

Abstract


Abstrak:Tujuan untuk mengetahui hubungan penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan sistem pre-tes dan pos-tes untuk mencari suatu hubungan antar variabelnya. Hasil analisis data menunjukkan prestasi belajar siswa masih rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil pretes siswa yang memperoleh nilai rata-rata hanya sebesar 60,4. Setelah siswa diberikan penyuluhan dengan menerapkan metode penyesuaian sosial, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil postes siswa sebesar 82,6. Dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa, siswa membutuhkan pemahaman tentang penyesuaian sosial. Karena para siswa telah menyadari pentingnya bersosialisasi dengan sesama agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020, maka peneliti memberikan beberapa saran sebagai berikut: Kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan mutu sarana dan prasarana sekolah agar motivasi dan minat siswa menjadi lebih baik. Kepada guru bimbingan dan konseling (BK) agar dapat menerapkan metode maupun teknik dalam melakukan penyuluhan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa. Kepada siswa agar lebih meningkatkan minat dan prestasi belajarnya. Kepada peneliti yang akan datang agar dapat menentukan metode maupun teknik yang sesuai dengan minat dan motivasi siswa dalam belajar pada saat menghadapi situasi dan permasalahan yang sama dengan judul penelitian ini.

 

Kata Kunci: Hubungan-Penyesuaian Sosial-Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Azwar, S. Tes Prestasi dan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar, 1996.

Djamarah, Siful Bhari. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2012.

Gie, The Liang. Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta:Pusat Kemajuan Study, 2000.

Hurlock, E. B. Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Alih Bahasa Istiwidayanti & Soejarwo). Jakarta: Erlangga, 1999.

Lauster, P. Tes Kepribadian (Alih Bahasa: D. H Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan Ketiga belas. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Mustofa. Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Islam Almaarif Singosari Malang (Skripsi). Jakarta: Universitas Gunadarma, 2008. Diunduh dari: http://www.gunadarma.ac.id.

Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahas Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka, 2004.

Rini, Jacinta F. Memupuk Rasa Percaya Diri. http://www.epsikologi.com/dewasa/164002.html.

Sugiono. Statistik Untuk Penelitian. Bandung ; Alphabeta, 2011.

Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta ; Graha Ilmu. 2006.

Sudjana. Metode Statiska. Bandung: Tarsito, 2006.

Schneiders, Alexander. Personal Adjustment and mental Health. New York: Holt, Rinehart and Winston, 1964.

Sedarmayanti dan Hidayat. Metodologi Penelitian. Bandung: CV Mandar Maju, 2011.

Winkle, WS. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia, 2007.

Wiramihardja, S. A. Keeratan Hubungan Antara Kecerdasan, Kekuatan, Kemauan dan Prestasi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Dikutip dari http://09saranghaeokorea1211.blogspot.com/2012/05/pengaruh-kepercayaan diri.html. Pada Tanggal 12 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.