INTEGRASI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SISWA TERHADAP LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 16 MEDAN

Nurramidah Nasution

Abstract


Abstract:

            Lingkungan merupakan anugrah bersar yang diberikan Allah SWT kepada manusia sebagai khalifah fi al-ardh. Oleh karena itu, manusia harus dapat melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya. Rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepedulian siswa terhadap lingkungan di SMP Negeri 16 Medan? 2) Bagaimana pelaksanaan integrasi pembelajaran berbasis lingkungan pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 16 Medan?

Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif,  yaitu penelitian yang dilakukan secara alamiah dengan memanfaatkan peneliti sebagai instrument penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru PAI, kepala sekolah, dan siswa SMP Negeri 16 Medan. Data diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dinanalisis berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan.

Hasil penelitin ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Siswa di SMP Negeri 16 Medan menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekolah. Dimana siswa dapat menerapkan perilaku membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air dan listrik secara hemat. Menjadi piket penjaga kebersihan lingkungan kelas masing-masing yang disusun secara terjadwal. 2) Pelaksanaan integrasi pembelajaran PAI berbasis lingkungan di SMP Negeri 16 Medan dilaksanakan melalui; Perencanaan pembelajaran sesuai dengan standar kurikulum, visi misi sekolah, dan konsep pembelajaran yang menarik dan inovatif; 2) Proses pembelajaran berlangsung efektif dan menyenangkan. Dimana guru mengelola pembelajaran dengan baik, dan siswa juga antusias mengikuti proses pembelajaran; 3) Hasil belajar siswa meningkat setelah selesai pembelajaran PAI, dimana siswa dapat mengerjakan PR yang diberikan guru dengan baik, UTS yang diberikan guru dapat diikuti siswa dengan baik dan memeproleh nilai yang baik, dan UAS yang diberikan guru dapat diikuti siswa dan memeproleh nilai yang baik.

 

Keywords: pembelajaran PAI, lingkungan sekolah


Full Text:

PDF

References


Naim, N. (2012). Character Building. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2004). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: GP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v8i2.8271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.