Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan

Purbatua Manurung

Abstract


Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya meningkatkan kesiapan belajar siswa melalui pendekatan Behavioral. Metode penelitian ini menggunakan penelitian berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah meningkatkan kesiapan belajar siswa dapat dilakukan melalui pendekatan behavioral, pendekatan ini bertujuan bahwa aksi, pendidikan, dan pembelajaran dipandang sebagai inti dari terapi. Siswa mempelajari perilaku baru (adaptif) untuk menggantikan perilaku lama (maladaptif) sehingga siswa mendapatkan cara bertindak yang sehat dan konsruktif. Teknik yang digunakan adalah pengkondisian operan. Prinsip utama pengkondisian operan adalah penguatan positif, penguatan negatif, kepunahan, hukuman positif dan hukuman negatif. Hasil dari konseling adalah untuk meningkatkan perilaku target, yaitu siswa siap menerima pelajaran baru dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Acep Hermawan, 2013, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Ahmas Faiz Asifuddin, 2010, Pendidikan Islam Basis Pembangunan Umat, Naashirussunnah, Solo.

Depdikbud, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, (Jakarta : Pustaka Al Husna, 1988).

James P. Spradley, 1988, Participant Observation, Rinehart and Winston

Kemendiknas, 2010, Pembinaan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Puskur, Jakarta

Lexy J. Moleong, 2001, Penelitian Kualitatif, Remaja Karya, Jakarta

M. Arifin, 1987, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bina Aksara.

Omar Muhammad Al-Taumy As-Syaibani, 1979, Falsafah Pendidikan Islam, Bulan Bintang, Jakarta

Ruitjer UT, 1994, Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan, Gramedia, Jakarta.

Sanapiah, Faisal, Penelitian Kualitatif, Ya 3, Bandung

Samsul Nizar, 2002, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers

Syafaruddin, 2005, Ilmu Pendidikan, Cita Pustaka.

Teknologi Pembelajaran, Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12 IPTPI, Jakarta

Trianto, 2011, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitis Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i1.7952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.