ANALISIS PENGARUH PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ASURANSI AIG INSURANCE CABANG MEDAN

Pelliyezer Karo-karo

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemasaran relasional terhadap
kepuasan pelanggan dalam kaitannya dengan penurunan jumlah nasabah dan penerimaan
premi asuransi kenderaan AIG Insurance Cabang Medan. Pemasaran relasional yang
diteliti mencakup variabel komitmen, empati, timbal balik dan kepercayaan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner, dan observasi. Model
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian
hipotesis dilakukan secara simultan dan parsial dengan bantuan software IBM SPSS
Statistics 22. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah asuransi kenderaan AIG
Insurance Cabang Medan yang berjumlah 252 orang dengan jumlah sampel penelitian
sebanyak 155 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yang terdiri
dari komitmen, empati, timbal balik dan kepercayaan secara serempak berpengaruh
signifikan terhadap variabel terikat kepuasan pelanggan sebesar 31,3 persen dan sisanya
68,7 persen dipengaruhi oleh variabel lain diluar objek penelitian ini. Secara parsial,
penelitian menghasilkan bahwa variabel empati dan timbal balik berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pelanggan AIG Insurance Cabang Medan. Pendekatan afektif dan
kognitif dapat menjadi alternatif perbaikan variabel empati dan konsep determinisme
dapat menjadi alternatif perbaikan variabel timbal balik dalam kaitannya terhadap
peningkatan jumlah nasabah dan penerimaan premi asuransi kenderaan AIG Insurance
Cabang Medan kedepannya.
Kata kunci: pemasaran relasional, komitmen, empati, timbal balik, kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Buttle, Francis, 2004. Customer Relationship Marketing (Manajemen Hubungan

Pelanggan) Concept and Tools. Terjemahan Arief Subiyanto. Malang:

Bayumedia Publishing.

Chan, Syafruddin, 2003. Relationship Marketing. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia

Pustaka Umum.

Gronroos, Christian, 1997. From Marketing Mix to Relationship Marketing:

Toward a Paradigm Shift in Marketing Management Decission. 35/4, 322.

Kotler, Philip, dan G. Amstrong, 2000. Principles of Marketing. Fifth Edition,

Prentice-Hall Inc., New Jersey.

Kotler, Philip, 2000. Marketing Management: The Millennium Edition. Prentice-

Hall Inc., New Jersey.

Kotler & Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I, Edisi 13, Jakarta: Penerbit

Erlangga.

Little, ed dan Ebi Marandi, 2003. Relationship Marketing Management. Thomson

Learning.

Nugroho, Bhuono Agung, 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian

dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Simamora, Bilson, 2001. Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan

Profitabel, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sinulingga, Sukaria, 2012. Metode Penelitian. Edisi Kedua, Medan: USU Press.

Sugiono, 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumitra, Ronny Hanitijo. 1998. Asuransi Kendaraan Bermotor. Ghalia Indonesia,

Jakarta.

Sutarso, Yudi, 2002. Komitmen Organisasi : Tinjauan Teoritis atas Penyebab,

Dampak, dan Adopsinya Bagi Penelitian Relationship Marketing.

Ventura, STIE Perbanas Surabaya, Vol. 5, No. 2, Desember.

Umar, Husein, 2005. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi

Baru 7, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

VanderStoep, Scott W. and Deirdre J. Johnston, 2009. Research Methods for Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches. San

Fransisco: John Wiley & Sons.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v5i2.6549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.