PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR SISWA KELAS VIII

Ikri Maya, Eibi Pramitha Miranda, Rani Mega Putri

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penelusaruan mengenai pemahaman karir siswa yang menunjukkan angka yang rendah, 63,9%. Hasil anaslis instrumen karir yang digunakan menunjukkan bahwa siswa belum mengetahui jenis-jenis profesi dan prospek karir di masyarakat. Oleh karena itu,  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karir siswa kelas VIII di SMPN 36 Palembang dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan media ular tangga. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Layanan (PTL) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada delapan siswa terpilih secara acak dan diakhiri dengan evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunkan adalah intrumen pemahaman karir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada pemahaman karir siswa, dari rata-rata 41% pada siklus pertama menjadi 67% pada siklus kedua setelah diterapkan bimbingan kelompok dengan strategi games based learning menggunakan media ular tangga. Media ular tangga terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan memotivasi siswa untuk aktif berpartisipasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Athiyyah, A., & Amalia2, E. (2024). Penggunaan Metode Pembelajaran Game Based Learning (GBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII D MTs Negeri 1 Ciamis. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1), 190–201.

Aini, Z. (2022). Strategi Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Karir Kepada SIswa Kelas XII di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

Afdal, A., Suya, M., Syamsu, S., & Uman, U. (2014). Bimbingan karir kolaboratif dalam pemantapan perencanaan karir siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(3), 1-7.

BACHTIAR, I. H., & ROSADA, U. D. (2022). Pengembangan Ular Tangga Popoki (Pion–Pion) Karir Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa Sma Negeri 1 Kuningan. Al-Tazkiah Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 69-84.

Fathoni, I., Irwan, S., & Siregar, A. (2024). Peran Guru BK dalam Memberikan Informasi Karir melalui Bimbingan Karir terhadap Siswa Kelas IX di MTs. Swasta Al-Ihsan Maryke. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(2), 277-297.

Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). Pemilihan Karir Berdasarkan Kepribadian Pada Siswa Kelas X Man 2 Tangerang “Teori Kepribadian Karir John L. Holland.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 9–17. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27348

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(1), 1-10.

Irfan, Jarkawi, & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Dalam Bimbingan Kelompok. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(2), 79–87.

Khoiroh, M., & Rozzaqyah, F. (2024). EFEKTIVITAS PERMAINAN ULAR TANGGA KARIR UNTUK MENGINKATKAN PEMAHAMAN KARIR ( FASE GROWTH ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR THE EFFECTIVENESS OF CAREER SNAKES AND LADDERS GAME IN ENHANCING CAREER UNDERSTANDING ( GROWTH STAGE ) IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS Pendahuluan. 7(3), 933–950.

Nugraheni, D. A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Perencanaan Karier Siswa (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Putri, T. V., & Khusumadewi, A. (2024). PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KEPUTUSAN KARIER SANTRI KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 4(2), 261-271.

Sari, D. P. P., Murtono, M., & Utomo, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPS Berbasis Problem Based Learning dan Ular Tangga. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1305

Tasya Alifia Izzani, Selva Octaria, & Linda Linda. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578

Yulita, A., Sukmawati, E., & Kamaruzzaman. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Belajar Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Subah. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–12. https://jurnal.fipps.ikippgriptk.ac.id/index.php/BK/article/view/74




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v15i1.24209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.